24 May 2021, 17:31Mata

Mata merah bagaimana mengatasinya?

S
Info Penanya: S0
Permisi dok, Mata saya agak merah dan keluar urat di bagian putih matanya, tidak banyak. Gak ada gejala yg terjadi seperti gatal, perih. Baru sadar mata merah nya saat becermin. Punya mata minus 4 . Terakhir kali saya main hp tiba tiba merah matanya, cuma sebelah kiri aja. Harus di apakan dok? Apakah parah?
174 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo S,Mata merah dapat disebabkan oleh iritasi atau radang. Iritasi bisa disebabkan karena kemasukan partikel asing seperti debu dimana benda asing yang juga dapat menyebabkan rasa mengganjal. Jika tidak terdapat kejadian kelilipan, maka keluhan mata merah juga bisa disebabkan oleh mata lelah akibat melihat layar secara terus menerus atau terpapar sinar matahari karena berkerja di luar ruangan.Karena Anda memiliki riwayat menatap layar HP sebelum kejadian mata merah, artinya merah pada mata Anda lebih disebabkan karena kelelahan dari mata.

Mengatasi mata merah

Cara mengatasi mata merah dapat dimulai dari tidak mengucek mata dan pejamkan mata sesaat agar kelelahan dapat berkurang. Selain itu, untuk kedepannya lakukan teknik 20-20-20 yaitu ketika sudah melihat layar selama 20menit, usahakan untuk mengistirahatkan mata selama 20detik dengan cara melihat sejauh-jauhnya kurang lebih benda yang berjarak 20meter atau memejamkan mata.Jika mata merah tidak kunjung hilang dengan sendirinya, anda juga dapat melakukan teteskan obat mata untuk iritasi sebanyak 1 tetes di masing-masing mata sebanyak 3 kali sehari. Namun jika keluhan tidak juga membaik dalam 3hari, dan terdapat keluhan pandangan kabur, atau mata sangat nyeri, lakukan konsultasi ke dokter mata.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
kesehatan matapenyakit matamata lelah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil