18 May 2021, 16:22Kandungan

Cara untuk mengetahui masa subur

AN
Info Penanya: AN0
Dokter saya mau bertanya siklus haid saya yang tersingkat cuma 13hari dan terpanjangnya cuma 20hari jadi kira-kira bagaimana cara menghitung masa subur saya. Terima kasih
120 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang AN,Masa subur adalah masa ketika terjadinya ovulasi atau pelepasan sel telur dimana kemungkinan hamil paling besar terjadi saat masa subur tersebut. Untuk mengetahui masa subur sendiri akan lebih sulit apabila siklus haid tidak teratur, seringnya masa subur terjadi 14 hari sebelum haid berikutnya berlangsung.

Cara menghitung masa subur pada siklus haid yang singkat

Apabila memiliki siklus menstruasi yang singkat kurang dari 21 hari, dapat termasuk pada gangguan siklus menstruasi yang bisa menimbulkan menstruasi sering atau disebut polimenorea. Penyebab polimenorea sendiri beragam seperti:
  • Masalah psikologis seperit stres
  • Adanya gangguan pada organ reproduksi seperti kista, endometriosis, ataupun penyebab lain
  • Gangguan hormonal
  • Efek penggunaan obat tertentu
Untuk itu sebaiknya periksakan dulu pada dokter spesialis kandungan apa penyebab kelainan siklus menstruasinya agar bisa kembali normal. Untuk masa subur sendiri bisa diperiksakan dengan cara lain misalnya menggunakan alat pendeteksi masa subur selama 7 hari dimulai dari saat selesai perdarahan haid. Anda juga perlu melakukan hubungan seksual secara teratur setiap 2 hari sekali dimulai dari selesainya perdarahan menstuasi selama 7-10 hari.Perbaiki keseharian dan konsumsi makanan bernutrisi atau bisa mengonsumsi suplemen tambahan seperti vitamin asam folat dan vitamin E untuk membantu meningkatkan kesuburan. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidmerencanakan kehamilanmasa suburgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil