04 Oct 2021, 09:52Penyakit Lainnya

Usia berapa bayi boleh menggunakan popok celana ?

SL
Info Penanya: SL, Wanita, 21 Tahun
Dokter, anak saya sudah memasuki usia 3 bulan dan saya mulai ingin menggantikan popoknya dari yg model biasa ke model celana. Adakah usia khusus untuk bayi pakai popok celana? Lalu, Adakah perubahan pada bayi dari penggunaan popok perekat ke popok celana ?
127 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, Sl.Popok bayi tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran, baik popok yang dapat dicuci (popok kain) atau popok sekali pakai. Popok memudahkan ibu karena tidak perlu terus menerus mencuci celana bayi dan menjaga alas tidur bayi tetap kering.

Kapan bayi menggunakan popok perekat dan kapan mengganti ke popok celana ?

Bayi baru lahir biasanya menggunakan popok jenis tali atau popok perekat. Bayi baru lahir cenderung terus tidur dan belum aktif bergerak sehingga penggunaan popok jenis tali atau popok perekat lebih disarankan. Popok perekat dapat menyesuaikan tubuh bayi yang mungil. Namun seiring bertambah usia, bayi dapat beralih dari penggunaan popok perekat ke popok celana.

Adakah usia khusus untuk bayi pakai popok celana ?

Sebeneranya tidak ada usia khusus untuk bayi pakai popok celana. Penggunaan popok celana disesuaikan dengan berat badan serta kondisi bayi yang mulai aktif bergerak. Pada umumnya bayi di atas 3 bulan dapat mengganti popok perekat ke popok celana. Bayi akan bertambah besar dan lebih aktif. Popok celana membantu bayi lebih bebas bergerak tanpa takut bocor. 

Adakah perubahan pada bayi dari penggunaan popok perekat ke popok celana ?

Perubahan pada bayi dari penggunaan popok perekat ke popok celana bisa dari segi kenyamanan, bayi akan merasa lebih nyaman saat menggunakan popok celana disaat dia mulai aktif bergerak.Ibu lebih mudah memasang popok celana dibanding popok perekat saat bayi bertambah besar. Namun penggunaan popok juga dapat menimbulkan iritasi atau disebut dengan ruam popok. Untuk itu pastikan Anda mengganti popok lebih sering, gunakan popok berbahan lembut dan konsultasi ke dokter anak jika muncul gejala pantat merah, mengelupas, bayi menjadi rewel karena penggunaan popok.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tumbuh kembang bayiruam popokmerawat bayi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil