Umur 24 tahun bisa tambah tinggi ?

AH Info Penanya: AH, Pria
Dok, permisi mau tanya. Kira" Umur 24 tahun bisa nambah tinggi badan gak ? Dan Maximal umur berapa bisa nambah tinggi badan... Trims
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AH

Peningkatan tinggi badan dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya faktor genetik, faktor nutrisi, faktor lingkungan, dan lain-lain. Pusat pertumbuhan pada manusia terletak pada lempeng epifisis pada tulang.

Ketika lempeng epifisis belum menutup maka proses pertumbuhan akan terus berjalan. Rata-rata nya, lempeng epifisis ini menutup pada usia 17-18 tahun untuk wanita dan 21-24 tahun untuk pria. Walaupun tinggi badan di pengaruhi oleh banyak faktor, namun jika lempeng epifisis ini sudah menutup biasanya sangat kecil kemungkinan untuk bisa menambah tinggi. 

Jika usia Anda masih dibawah angkat yang sudah saya jelaskan, maka Anda masih dapat bertumbuh tinggi, dibantu dengan nutrisi yang baik, faktor genetik dan olahraga. 

Berikut saya lampirkan artikel yang dapat Anda baca mengenai pertumbuhan tinggi badan.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ramadhan Harya

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pria Indonesia memiliki tinggi rata-rata sekitar 160 cm

Tinggi Rata-Rata Pria di Seluruh Dunia

Rata-rata tinggi badan terus meningkat karena faktor nutrisi dan tingkat kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa pria Belanda diyakini sebagai pria yang memiliki rata-rata tinggi badan tertinggi di dunia.