Hamil atau tidak ya?

PP Info Penanya: PP, Wanita, 1 Tahun
Dok saya pertama haid tanggal 18 Januari 2020 lalu di tanggal 23 Februari 2020 saya mengeluarkan darah warna coklat 3 hari..dan di tanggal 22 Maret 2020 saya mengeluarkan darah seperti darah haid...apakah saya hamil atau enggak ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore PP,

Haid adalah kondisi dimana lapisan rahim luruh karena tidak terjadi proses pembuahan, dan siklus haid ini bisa berubah-ubah tergantung keseimbangan hormon di dalam tubuh.

Normalnya siklus haid seorang wanita berlangsung setiap 21-35 hari dengan durasi haid 2-7 hari. Umumnya darah yang keluar akan berwarna merah segar, namun bisa saja muncul darah berwarna merah gelap atau kecoklatan bila siklusnya mundur.

Selain itu volume darah yang keluar bisa menjadi sedikit bila ada perubahan hormon, faktor stres, atau kelelahan.

Untuk menentukan kehamilan, tentu dibutuhkan pemeriksaan sederhana seperti tes pack setelah 7 hari terlambat haid.

Pada awal kehamilan memang bisa muncul flek perdarahan sebagai tanda proses penempelan janin ke rahim, yang biasanya muncul pada hari ke 6-12 setelah Anda dan pasangan berhubungan seksual di masa subur.

Bila muncul darah yang banyak, ada perut kram maka bisa saja memang sedang waktunya haid, ada ancaman keguguran, hamil anggur, hamil diluar kandungan, dll.

Bila ada keluhan seperti mual, muntah, lemas, tidak napsu makan, perubahan emosional, maka lakukan pemeriksaan tes pack atau pemeriksaan USG ke dokter kandungan untuk memastikan kondisi Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Preeklampsia atau keracunan kehamilan ditandai dengan peningkatan tekanan darah secara tiba-tiba

Preeklampsia, Komplikasi Serius yang Terjadi pada Proses Kehamilan

Preeklampsia atau keracunan kehamilan adalah masalah serius pada kehamilan. Penyebab risiko keracunan kehamilan yaitu usia di atas 35 tahun, kehamilan pertama, dan riwayat gangguan ginjal. Gejala preeklampsia adalah pembengkakan abnormal di tangan dan wajah.