Umur 17 tahun, gigi atas baru tumbuh. Normal atau tidak?

KA Info Penanya: KA, Wanita, 2019 Tahun
Dok umur saya 17 tahun tapi saya tumbuh gigi baru di bagian atas, itu normal apa bagaimana dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AK.

Pada usia 17 tahun, gigi permanen bagian depan dan belakang, mulai dari gigi seri hingga geraham kedua, baik atas maupun bawah, umumnya sudah tumbuh semua. Jika gigi yang Anda maksud adalah gigi geraham bungsu atau geraham ketiga, maka wajar apabila gigi tersebut baru saja tumbuh.

Gigi geraham bungsu akan mulai tumbuh pada usia 17 hingga 21 tahun. Gigi ini terletak paling belakang dari rahang atas maupun bawah. Pada kebanyakan orang, gigi ini tumbuh pada posisi miring karena rahang tidak memiliki ruang yang cukup untuk tempat tumbuhnya gigi ini.

Tumbuhnya geraham bungsu juga bisa disertai dengan gejala seperti demam, pembengkakan pada gusi dan pipi serta rasa nyeri pada bagian rahan belakang. Gejala tersebut akan mereda saat proses pertumbuhan gigi geraham bungsu telah selesai. Untuk meredakan gejala yang mengganggu, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri atau anti radang.

Apabila gejala tidak juga reda dan gigi terlihat tumbuh dengan posisi miring, maka periksakanlah kondisi Anda ke dokter gigi untuk dilakukan perawatan lebih lanjut.

Apabila gigi yang Anda maksud adalah gigi selain geraham bungsu, maka sebaiknya Anda memeriksakan kondisi tersebut ke dokter gigi untuk melihat penyebabnya lebih lanjut. Dokter gigi akan menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan rontgen untuk melihat susunan gigi maupun benih gigi permanen yang sekiranya masih tertanam.

Salam sehat

drg. Nina Hertiwi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beragam manfaat siwak untuk kesehatan gigi yang bisa Anda rasakan

5 Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi Ini Ternyata Terbukti Secara Ilmiah

Dikenal sebagai salah satu bahan alami untuk membersihkan gigi, manfaat siwak untuk kesehatan ternyata tidak cuma mitos. Selain membersihkan gigi, siwak adalah bahan alami yang memiliki kandungan antijamur dan antibakteri. Saat ini, siwak sering dijadikan bahan dasar pasta gigi modern.