03 Jul 2021, 19:21Perut

Apa saja makanan yang dianjurkan untuk penderita asam lambung?

FZ
Info Penanya: FZ0
saya mau tanya makan apa saja yang cocok dengan kondisi pasien Demam Berdarah dan Asam Lambung kondisi sekarang trombosit sudah baik tapi tekanan darah masih 100 tetapi ini tadi habis makan bakso dan aah keju yang membuat mencret dan lemas
580 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, FTerima kasih atas pertanyaan AndaDemam berdarah adalah kondisi saat terjadi demam yang disebabkan oleh virus yaitu virus dengue. Virus ini ditularkan dari orang yang satu dengan yang lainnya melalui gigitan nyamuk khusus (Aedes aegypti). Gejala dari penyakit demam berdarah ini umumnya berupa demam tinggi, sakit kepala, nyeri otot dan sendi, nyeri pada belakang mata, adanya perdarahan dan lain sebagainya.Sedangkan, asam lambung adalah suatu zat yang dihasilkan oleh lambung yang berfungsi untuk membantu mencerna makanan dan menetralisir bakteri, virus atau zat lain yang masuk tubuh dan melewati saluran pencernaan. Kondisi saat terjadi peningkatan asam lambung ini bisa terjadi pada seseorang dengan sakit maag, tukak lambung, GERD, dan lain sebagainya.Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, apabila ada riwayat sakit demam berdarah disertai dengan masalah pencernaan seperti peningkatan asam lambung dan sudah diperbolehkan pulang oleh dokter, maka sebaiknya tetap menjaga pola makan agar asam lambung tidak naik berlebihan.

Adapun makanan yang disarankan untuk penderita asam lambung yang berlebihan adalah:

  • Nasi
  • Roti gandum
  • Oatmeal
  • Susu rendah lemak
  • Kentang rebus
  • Tahu
  • Daging rendah lemak (ayam ataupun ikan)
  • Telur
  • Buah yang tidak asam seperti apel, melon, pisang
Selain konsumsi makanan yang disarankan untuk penderita asam lambung, Hindari makanan pedas, makanan asam, dan makanan lain yang bisa memicu kenaikan asam lambung. Selain itu hindari kecemasan, atasi stres, hindari kelelahan, konsumsi makanan dengan tekstur lunak untuk semenatra waktu, minum air cukup, hindari konsumsi kopi, hindari konsumsi alkohol, baisakan cuci tangan sebelum dan sesudah makan, dan lakukan istirahat cukup. Lakukan pemeriksaan ke dokter kembali apabila keluhan masih belum membaik.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A 
asam lambungdemam berdarah denguedemam berdarah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil