Ukuran rahim kecil, bagaimana agar normal ?

R Info Penanya: R, Wanita, 27 Tahun
dok apakah ukuran rahim dpat berkembang? sya smpet ke dokter ktanya rahim sya memiliki ukuran yang kecil. apa yang harus sya lakuka biar memiliki ukuran rahim normal dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, R.

Rahim adalah salah satu bagian dari organ reproduksi terpenting dalam proses kehamilan, karena berfungsi sebagai tempat untuk janin berkembang. Seperti bagian tubuh lainnya, rahim dapat mengalami gangguan, salah satunya gangguan yang dibawa sejak lahir yakni gangguan pada ukuran rahim yang cenderung kecil (hipoplasia uterus). 

Pada dasarnya tidak ada ukuran ideal rahim yang pasti, namun, menurut pada ahli rahim dikatakan kecil apabila berukuran 25 persen lebih kecil adari ukuran rahim pada umumnya, yaitu sekitar 7,5cm untuk panjangnya, 5 cm untuk lebarnya dan 75-125 untuk volumenya.

Mengenai keadaan yang Anda alami, karena keadaan tersebut merupakan bawaan lahir maka umumnya menetap dan tidak dapat berkebang lagi pada usia yang telah dewasa. Kendati demikian, para ahli pun telah menyatakan bahwa keadaan rahim yang kecil tidak mempengaruhi peluang kehamilan, terkecuali adanya kelainan secara antomi pada organ reproduksi dan adanya gangguan hormonal. Hanya saja perlu diwaspadai kehamilan pada ukuran rahim kecil karena dapat memberikan risiko keguguran dan komplikasi lebih tinggi.

Untuk lebih lanjut, ada baiknya Anda berkonsultasi kembali kepada dokter Spesialis Kandungan, terutama jika Anda berencana untuk menjalani program kehamilan dalam waktu dekat.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pergeseran posisi merupakan salah satu efek samping IUD yang mungkin terjadi

Efek Samping IUD, Pertimbangkan Sebelum Memilihnya

Sama seperti alat kontrasepsi lain, IUD atau KB spiral dapat menyebabkan sejumlah efek samping pada penggunanya. Salah satunya adalah posisi IUD bisa bergeser dari tempatnya semula. Kira-kira apa penyebabnya?