Berapa ukuran lingkar paha dan perut yang normal?

AH Info Penanya: AH, Pria, 19 Tahun
Ukuran lingkar paha dan perut yang normal pada umur 19 tahun yaitu...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AH,

Ukuran lingkar perut dan paha bisa beragam pada tiap individunya dimana lingkar perut sendiri normalnya adalah kurang dari 90 cm pada pria dan kurang dari 80 cm pada wanita dimana jika lebih dari 90 cm memiliki risiko untuk terjadinya obesitas sentral yang bisa memicu risiko sejumlah penyakit seperti diabetes, penyakit jantung dan lainnya.

Ukuran paha sendiri berkisar kurang lebih 60 cm tetapi bisa berbeda tergantung dari proporsi tubuh dan aktivitas fisik. Untuk itu juga perlu mengukur berat badan ideal dengan menghitung indeks massa tubuh agar menilai apakah berat badan sudah ideal.

Hal yang perlu diperhatikan adalah aktivitas sehari-hari, pola asupan makanan, pola istirahat, dan juga penting untuk olahraga teratur setidaknya 150 menit dalam seminggu atau minimal 30 menit sehari.

Jika merasa lingkar perut atau paha besar maka bisa dilakukan latihan otot perut dan latihan otot paha untuk membuatnya tampak lebih ideal. Periksakan diri juga pada dokter atau dokter gizi untuk penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Faktor risiko penderita atrofi otot adalah orang lanjut usia

Atrofi Adalah Ancaman Bagi Fungsi Otot, Ini Sebabnya

Atrofi adalah menyusutnya atau menghilangnya massa tubuh. Atrofi dapat terjadi pada otot, otak, maupun tulang. Dari ketiga jenis atrofi otot, atrofi neurogenik adalah yang terparah.