Ukuran lingkar kepala dan berat janin usia kehamilan 26 minggu

AS Info Penanya: AS, Pria, 34 Tahun
Hallo Dok..Saya mau tanya, usia kehamilan istri saya sudah masuk 26 minggu. Hasil USG kemarin diketahui ukuran lingkar kepala janin 22.5 cm dan berat 970 gram. Ditambah terdapat ”miom" pada rahim. Apakah ukuran janin ini masih normal Dok?Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AS.

Ukuran lingkar kepala (HC) dan berat janin rata-rata adalah dua dari komponen umum yang diidentifikasi saat dokter Kandungan melakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Komponen lainnya adalah ukuran tulang pelipis kiri dan kanan (BPD), ukuran panjang tulang paha (FL) serta ukuran lingkaran perut bayi (AC). Setiap komponen yang diperiksa, dapat menjadi pertunjuk untuk kelainan tertentu jika ditemukan adanya kecenderungan tidak normal. Akan tetapi, penilaian tersebut tidaklah mutlak dan dapat berbeda-beda, bergantung pada penggunaan refensi dokter pemeriksa.

Mengenai pertanyaan Anda tentang hasil pemeriksaan USG istri Anda yang dilakukan pada usia kehamilan 26 minggu.

Berikut acuan rata-rata nilai normal komponen pemeriksaan USG pada usia kehamilan 26 minggu yang meliputi :

  • BPD : 67 mm
  • FL : 49 mm
  • HC : 242 mm
  • AC : 219 mm
  • rata-rata berat janin : 890 gr

Mengacu pada rata-rata nilai normal yang telah dipaparkan diatas, terdapat sedikit perbedaan yang mungkin masih dalam rentang yang normal, akan tetapi Anda perlu untuk berkonsultasi lebih lanjut kepada yang lebih ahli, yaitu dokter Kandungan yang menangani istri Anda. Umumnya dokter Anda akan memberikan informasi pada Anda dan istri Anda jika didapatkan hasil yang cenderung tidak normal atau mengarah pada kelainan tertentu. Jika dokter Anda mengatakan perkembangan janin masih dalam batas nomal maka kemungkinan janin dalam keadaan sehat.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pada lotus birth, tali pusat bayi tidak langsung dipotong setelah melahirkan

Metode Melahirkan Lotus Birth: Saat Tali Plasenta Tak Perlu Dipotong

Lotus birth adalah salah satu praktik melahirkan yang tidak memotong tali pusat saat bayi lahir, sehingga bayi dibiarkan terlahir dengan tali pusat yang utuh. Tali pusat dibiarkan tersambung hingga putus secara alami, yang terjadi 3 hingga 10 hari setelah melahirkan. Nama lotus birth diambil dari nama perempuan yang melahirkan dengan cara demikian yaitu Clair Lotus Day.