Apa Ukuran Janin 21 Minggu Saya Normal, Dok?

S Info Penanya: S, Wanita, 30 Tahun
Dok usia kandungan saya 21minggu janin saya mempunyai ukuran BPD 5.13cm,FTA 21.54cm,FL 3.1cm,EFW 410gram apakah semuanya normal
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, TY

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Janin di dalam kandungan akan terua berkembang seiring dengan penambahan usia kehamilan. Usia kehamilan Anda memasuki minggu ke 21, perut Anda akan semakin membesar karena penambahan berat janin. Anda juga akan mulai merasakan gerakan janin.

sama adalah prosedur menggunakan teknologi gelombang suara berfrekuensi tinggi untuk memproduksi gambar tubuh bagian dalam, seperti organ tubuh atau jaringan lunak. Teknologi USG tergolong aman, khususnya bagi ibu hamil, karena tidak memancarkan radiasi.

Beberapa Istilah pada hasil pemeriksaan USG :

  • BPD (Biparietal diameter) : ukuran tulang pelipis kiri dan kanan. Digunakan untuk mengukur janin di trimester dua atau tiga. Rasio ini di gunakan untuk mengetahui pengukuran dalam, kelainan kepala atau anggota gerak bawah, dan untuk mendeteksi gangguan pertumbuhan janin.
  • FL (Femur Lenght) : ukuran panjang tulang paha bayi. Digunakan untuk mengukur janin di trimester dua atau tiga.
  • EFW (Estimation Fetal Weight) : perkiraan berat bayi

Minggu ke 21, perkiraan berat janin sekitar 360-430 gram, panjang paha 36-39 mm, Biparietal diameter 52-55 mm. secara keseluruhan proses perkembangan janin bayi Anda normal. tetap kosumsi asupan tinggi nutrisi dan vitamin. Usahakan untuk rutin memeriksakan kehamilan ke dokter kandungan.

Semoga bemanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

ibu hamil mengalami perut kencang pada masa kehamilan 39 minggu

Hamil 39 Minggu Perut Sering kencang? Ini Jawabannya

Saat hamil 39 minggu, beberapa calon ibu mulai mengalami berbagai keluhan, salah satunya adalah perut sering kencang. Umumnya, hamil 39 minggu perut sering kencang dapat diakibatkan oleh kontraksi Braxton-Hicks. Kenali apa itu kontrakis Braxton-Hicks