Ukuran BPD dan AC pada USG berbeda

NI Info Penanya: NI, Wanita, 24 Tahun
Dok, izin bertanya. Saya saat ini sdg menjalani kehamilan kembar, usia kandungan antar janin berbeda satu dg yang lain. Janin A 26W , janin B 25W saat ini. Namun, ada yang aneh dok janin B setelah diukur BPD panjang 6, 28 cm sdgkn AC 18, 63 cm yg mghsilkan BBJ enam ratus delapan puluh lima gram. Apakah normal dok?, dr kandungan menyarankan untuk usg feto namun kapan waktu yg tepat untuk usg feto ya dok? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore NI.

Pemeriksaan USG adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui kondisi kehamilan. Pemeriksaan USG sendiri bisa dipengaruhi oleh beberapa hal seperti alat USG, operator yang melakukan USG, kondisi janin dan lainnya.

Pengukuran pada pemeriksaan USG ada beragam baik mengukur diameter kepala janin, ukuran keliling perut, panjang tulang kaki dan juga beragam lainnya termasuk usia kehamilan dan juga taksiran berat janin.

Pada kehamilan kembar memang bisa ada perbedaan besar janin tapi biasanya tidak terlalu jauh. Perbedaan BPD dan AC seharusnya memang lebih besar diameter kepala jadi pada pemeriksaan bisa juga dipengaruhi oleh posisi janin ataupun pemeriksaanya. Untuk itu sebaiknya bisa meminta opini kedua dengan memeriksakan pada dokter spesialis kandungan lain atau bisa pada konsultan fetomaternal terutama jika perbedaannya cukup jauh antara ukuran BPD dan AC.

Perbedaan usia kehamilan sendiri bisa timbul karena perbedaan ukuran janin jadi tidak perlu terlalu di khawatirkan. Untuk pemeriksaan fetomaternal bisa dilakukan saat usia 28 minggu jadi nanti diketahui ada tidak masalah pada kehamilan kembar. Apakah kedua janin mendapat nutrisi yang sama baiknya. Jika ukuran hanya berbeda tidak jauh tidak menjadi pemasalahan. Tapi tetap perlu diperhatikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memasuki usia hamil 21 minggu, berbagai perkembangan pada janin terus terjadi

Perkembangan Janin dan Perubahan Bumil pada Usia Hamil 21 Minggu

Memasuki usia hamil 21 minggu, berbagai perkembangan pada janin terus terjadi. Ibu hamil juga merasakan berbagai perubahan dalam dirinya. Apa saja yang terjadi pada usia janin 21 minggu?