Apakah keong sawah bagus buat sistem saraf manusia?

AS Info Penanya: AS, Pria, 1 Tahun
Dok maaf mau tanya kandungan gizi keong sawah apakah benar bagus untuk syaraf???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Keong sawah seringkali dianggap sebagai hama. Namun, jika diolah dengan baik dan benar, maka banyak kandungan gizi yang terdapat pada keong sawah. Menurut beberapa para ahli, keong sawah mengandung protein sehingga dapat dijadikan pengganti daging sapi.

Banyak masyrakat Indonesia yang mempercayai bahwa keong sawah memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat  keong sawah, yaitu kaya akan protein dan kalsium, sebagai obat alternatif, vitamin perkembangan otak, obat antiseptik, kolesterol dapat terkontrol, dan mencegah kanker.

Walaupun begitu, manfaat-manfaat diatas belum teruji secara ilmiah sehingga belum diketahui secara pasti apakah maanfaatnya benar-benar ada atau tidak. Untuk itu, sebaiknya dalam mengkonsumsi keong sawah ini, jangan berlebihan, secukupnya saja dan pastikan bahwa dalam memasaknya harus baik dan benar. Sehingga kandungan gizi yang terdapat pada keong sawah masih dapat diserap oleh tubuh. 

Untuk menambah kesehatan pada saraf Anda, cukup lakukan pola hidup sehat dengan makan makanan yang bergizi terutama sayur dan buah-buahan, olahraga yang rutin, dan konsumsi multivitamin buat saraf (vitamin B1, B6, dan B12). 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Niasin atau vitamin B3, yang terkandung dalam dada ayam, memiliki peran penting untuk kesehatan

Mengenal Niasin atau Vitamin B3 yang Berperan Penting untuk Tubuh

Niasin atau vitamin B3 merupakan salah satu anggota keluarga vitamin B kompleks. Seperti semua rekannya, niasin memainkan peranan penting, bahkan memiliki potensi manfaat kesehatan.