14 Oct 2021, 21:36Kandungan

Apakah turun peranakan dapat diobati dengan herbal?

ED
Info Penanya: ED0
Dok, saya sedang mengalami turun peranakan Kalau meminum obat sehat wanita itu fungsinya untuk menguarkan rahim atau mengembalikan rahim di posisinya ya?
105 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, ETerima kasih atas pertanyaannya. Turun peranakan atau dalam bahasa medis dikatakan sebagai prolaps uteri adalah kondisi dimana jaringan otot dan ligamen yang menyangga rahim mengalami kelemahan sehingga rahim menjadi turun.  

Penyebab terjadinya turun peranakan :

  • Persalinan yang terlalu sering. 
  • Faktor usia yang diikuti dengan menopause sehingga hormon estrogen menurun. 
  • Riwayat aktivitas yang terlalu berat menimbulkan penekanan pada rahim seperti angkat beban berat, batuk kronis, sembelit kronis. 
  • Obesitas dan riwayat merokok. 
Turun peranakan ini memerlukan pemeriksaan lanjutan oleh dokter untuk memastikan rahim yang turun masih dalam derajat ringan atau sudah keluar semua dari vagina.  Hal ini karena penanganan turun peranakan setiap derajat dapat berbeda-beda.Obat yang anda tanyakan bukan termasuk obat namun merupakan herbal yang berisikan rempah-rempah dimana dikatakan berfungsi menjaga kesehatan organ kewanitaan.  Herbal ini tidak memiliki penelitian valid terkait efek samping dan manfaatnya sehingga sampai saat ini belum ada efek pada penderita turun peranakan. Untuk itu bila anda mengalami turun peranakan sebaiknya hindari konsumsi obat atau herbal sembarangan dan segera periksa ke dokter spesialis kandungan guna dilakukan penanganan yang sesuai agar tidak malah timbul kondisi yang lebih parah yang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan rahim dan organ reproduksi lainnya.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. FarahBaca juga : Kenapa rahim turun dan sakit? Apakah sakit pinggang karena turun rahim?
menopausemasalah reproduksiherbalanomali rahim
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil