Apa itu hernia atau turun berok?

TR Info Penanya: TR, Pria, 53 Tahun
Kalau turun berok apakah ada obatnya tidak
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi TR, 

Turun berok atau istilah medisnya adalah penyakit hernia, merupakan gangguan pada tubuh dimana organ terutama isi perut menembus otot atau jarignan yang lemah sehingga bisa menimbulkan sejumlah gejala seperti misalnya adanya benjolan atau pembengkakan.

Hernia sendiri ada beragam jenis dan bisa timbul di beragam area tubuh.

Beberapa jenis hernia diantaranya seperti yang paling sering yaitu hernia inguinalis di pangkal paha, hernia skrotalis dimana bisa membuat buah zakar membesar, hernia umbilikalis atau pembesaran di area pusar, hernia diafragmatika dan beragam jenis dan lokasi hernia lainnya.

Penyebab dari hernia sendiri beragam seperti:

  • Kecacatan kongenital atau sejak dari kandungan,
  • Usia lanjut,
  • Mengalami batuk lama,
  • Gangguan otot karena aktivitas sehari-hari seperti sering mengangkat berat,
  • Sering bersin,
  • Kondisi kehamilan,
  • Riwayat operasi,
  • dan lainnya.

Untuk mengatasi hernia, perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan diagnosanya setelah itu penanganan akan dilakukan dengan operasi hernia. Teknik operasi hernia sendiri ada beberapa dimana nantinya isi perut yang menembus akan dikembalikan ke lokasinya dan bagian yang tertembus akan ditutup dan bisa diberi tambahan mesh untuk memperkuat sehingga tidak kembali ditembus. Selain itu penting juga untuk menghindari pemicu terjadinya hernia. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Benjolan di testis dapat disebabkan oleh pembesaran pada pembuluh darah testis

Benjolan di Testis Menimbulkan Rasa Sakit, Apa Penyebabnya?

Benjolan di testis merupakan keluhan yang sering dialami oleh anak laki-laki maupun pria dewasa. Salah satu penyebabnya adalah varicocele atau pembesaran pada pembuluh darah testis. Kelainan lain juga dapat menyebabkan benjolan di testis, seperti infeksi, peradangan pada kulit atau pembuluh darah balik.