29 Jan 2020, 00:02Infeksi

Sudah tuntaskah berobat TB kelenjar?

YV
Info Penanya: YV, Wanita, 25 Tahun
Tes apakah yg harus dilakukan untuk memutuskan apakah pengobatan TB kelenjar dapet dihentikan? Obat yg diberikan adalah rifampicin & isoniazid regimen minum setiap hari, sudah dijalani selama 6 bulan. Diagnosis TB kelenjar adlh dari ditemukannya bakteri tuberculosa pada hasil biopsi benjolan di paha luar yg sudah diangkat melalui operasi. Nilai LED sebelum pengobatan: 20mm/jam. Apakah nilai LED saja dpt menjadi patokan utk mengambil keputusan tuntas berobat?
31876 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang YV,Limfadenitis TB adalah ditemukannya pembesaran kelenjar getah bening akibat adanya infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosa. 

Gejala-gejala yang muncul pada limfadenitis TB adalah :

  • Teraba pembesaran kelenjar getah bening.
  • Penurunan berat badan atau berat badan tidak mau bertambah meskipun sudah makan banyak.
  • Sering demam.
  • Keringat malam.
Dokter akan menegakkan diagnosa berdasarkan hasil biopsi kelenjar, hasil laboratorium, dan gejala-gejala yang menyertai, dan akan meresepkan obat TBC yang wajib diminum secara rutin minimal 6 bulan. Bila masih muncul gejala, maka pengobatan dapat diperpanjang sesuai dengan instruksi dokter.Perihal kapan dinyatakan pengobatan tuntas tentunya melihat berdasarkan gejala yang muncul, misalnya terjadi penambahan berat badan, benjolan tidak muncul kembali, hasil laboratorium baik, hasil foto rontgen paru baik, hingga cek dahak. Sebaiknya Anda melalukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan kondisi Anda sehingga mengurangi risiko terjadinya kekambuhan.Salam sehat,dr. Vina
demamtbclimfadenopati
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil