Tumor tulang lengan hilang sendiri apa baik-baik saja?

JR Info Penanya: JR
Dok,1thn yg lalu sy pernh di diagnosis tumor tulang di lengan kanan,saat itu sy sudah proses utk operasi agar diketahui apakah tumornya ganas/tdk,tapi karena waktu itu saya ad kemalangan saya jd btl operasi,seminggu kemudian tumor sy hilng,krnsaya hrs kembali keluar kota untk kuliah,jd saya di rujuk agr tetap melakukan pengobatan di rs terdekat, sya tdk melakukannya. Apa itu baik2 saja dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi JR,

Tumor atau benjolan pada lengan bisa disebabkan oleh beragam penyebab mulai dari benjolan kulit akibat adanya sel lemak yang tumbuh abnormal, adanya kista terutama dipergelangan tangan, adanya sel yang tumbuh abnormal, ataupun karena adanya massa atau tumor yang tumbuh di tulang.

Apabila ternyata hilang dengan sendirinya maka perlu dipastikan kembali apa benar-benar sudah hilang dan bersih. Jika demikian ada kemungkinan bisa disebabkan oleh adanya kista atau kantung yang berisi cairan yang bisa kempes dengan sendirinya dan ada kemungkinan bisa kembali timbul.

Baiknya dilakukan pemeriksaan oleh dokter bedah atau dokter ortopedi untuk memastikannya. Nantinya bisa dilakukan pemeriksaan baik melalui pemeriksaan fisik dan penunjang seperti foto rontgen, pemeriksaan USG ataupun pemindaian dengan MRI atau CT scan guna memastikan tumor tersebut benar-benar sudah hilang. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi vitamin tulang dapat mencegah terjadinya rakitis pada bayi dan anak

Vitamin Tulang untuk Anak Dapat Mencegah Rakitis

Rakitis adalah kondisi yang menyebabkan gangguan perkembangan tulang pada anak berusia enam bulan hingga tiga tahun. Pemenuhan vitamin D pada bayi dan anak dapat dilakukan untuk mencegah rakitis. Ada beberapa cara untuk memenuhi vitamin D misalnya berjemur di pagi hari, mengonsumsi makanan kaya vitamin D, dan suplemen vitamin tulang.