Tumor otak dan cara mengatasinya?

A Info Penanya: A, Pria, 40 Tahun
Apakah istri anda sedang menderita kanker atau kondisi klinis lain? Dari hasil CT scan istri anda, kemungkinan sudah ada massa penyebaran, infeksi atau tumor yang berdarah di otak istri anda. Dan massa tersebut sudah menekan garis tengah otak atau yang disebut batang otak. Batang otak memegang peranan penting untuk fungsi vital tubuh. Termasuk kesadaran, pernafasan dan tekanan darah tubuh.Saran saya diskusi dengan dokter yang merawat istri anda. Dan ikuti saran perawatannya. Semoga istri anda kondisinya membaik.Dari jawaban hasil ct scan yg dokter baca itu memang benar adanya.Hanya dokter saya belum mengatakan itu tumor, kemungkinan itu infeksi katanya.Istri sayapun terlihat sehat2 saja dok.Hanya ada saatnya dia blank, linglung bingung, itu dirasakan setelah dia merasakan seolah ada udara mirip sendawa namun baunya sangat menyengat dari sendawa biasa. Setelah itu dia blank.Bingung dan tidak sadar meski tidak pinsan,Dia masih berdiri atau duduk ketika itu terjadi namun seperti mematung. Karena memorinya berhenti dlm bbrp detik, lalu normal biasa lagi. Namun dia tidak akan mengingat apa yg barusan terjadi atau beberapa detik yg baru dialami. Tidak terekam oleh memorinya.Dok kira2 apa itu? Bagaimana tindakan saya? Apakah bilamana itu tumor sebesar 1,5 cm itu masih bisa dimatikan?Biasanya tindakan apa yg umumnya dilakukan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A

Dalam dunia medis kita sebut space occupiying lesion entah itu infeksi, tumor atau cairan. Bayangkan batok kepala yang terbungkus tulang padat, diisi otak dan cairan otak. Tiba-tiba diisi benda asing yang mengambil tempat jaringan sekitarnya. Semua fungsi tubuh kita ada di dalam otak dengan lokasi tersendiri. Ada pusat penciuman di bagian depan otak dan ada pusat kesadaran di tengah otak. Bayangkan bila pusat pernafasan yang di tengah otak juga mulai terganggu.

Saran saya konsultasi dengan Dokter Bedah Saraf yang bagus dengan jam terbang tinggi dan bekerja di RS besar. Tumor (pembesaran) di otak jarang yang bersifat ganas namun karena lokasinya di otak maka dia bisa mematikan. Karena lokasinya di otak, untuk mengambilnya juga bisa mengakibatkan komplikasi pada otak.

Tidak ada obat, herbal atau terapi yang bisa mengeluarkan benda asing dari otak kecuali operasi yang sudah ada bukti klinisnya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

A
14 Aug 2019, 10:08
Terimakasih dok atas sarannya.Hari rabu ini istri saya akan di mri tindakan selanjutnya mungkin akan di operasi. Mohon doanya ya dok
RA
05 Sep 2019, 03:09
Udah coba pake paketan tienshi belum pak? Saudara saya juga pernah alhamdulillah sekarang bisa normal lagi, berbagi aja pak di wa 083862651634 . Barangkali saya bisa bantu :)
(maks. 500 karakter)