Tumor di payudara sebelah kanan, apakah dapat berbahaya atau resiko menyebar di bagian lain?

K Info Penanya: K, Wanita
Dok saya ingin bertanya saya punya tumor payudara disebelah kanan ukurannya lumayan besar tapi keluaga saya takut untuk ambil tindakan oprasi apakah itu dapat berbaya atau ada resiko tumor menyebar dibagian lain kalau tidak di tangani secara tepat. Mohon penjelasannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, KS

Tumor di payudara dengan ukuran besar harus ditangani dengan operasi. Terapi dengan obat-obatan atau pengobatan alternatif tidak didukung oleh bukti ilmiah dan hanya mengambil risiko untuk kesehatan Anda nantinya. Karena tumor akan tetap membesar dan ada kemungkinan menyebar ke daerah lain sehingga makin sulit untuk disembuhkan. Saran saya konsultasi dengan Dokter Spesialis Bedah Onkologi untuk langkah selanjutnya, semakin cepat ditangani maka semakin tinggi kemungkinan sembuhnya.

Bukan operasi tumor payudara saja yang beresiko, semua operasi yang menggunakan obat bius beresiko timbul reaksi alergi. Namun tim dokter sudah mempersiapkan semua langkah yang perlu dilakukan bila ternyata ada komplikasi. Saat operasi akan diambil sampel jaringan tumor untuk memastikan apakah tumor jinak atau tumor ganas. Jadi langkah selanjutnya untuk pengobatan Anda bisa direncanakan. Saya lampirkan artikel Ciri-ciri Tumor Jinak dan Tumor Ganas yang Tumbuh di Payudara untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Merangsang payudara bisa dimulai dengan meraba perlahan mulai dari perut hingga naik ke payudara

Orgasme Tanpa Stimulasi Vagina? Coba dengan Merangsang Payudara Pasangan

Ada banyak cara membuat wanita orgasme. Salah satunya dengan memberi stimulasi pada payudara. Merangsang payudara akan memancing respon dari genital sensory cortex, bahkan membuat pasangan orgasme.