16 May 2021, 01:08Kanker

Sakit payudara karena tumor ganas bagaimana mengatasinya?

BI
Info Penanya: BI0
Saya setahun lalu sudah operasi tumor benjolan di payudara kiri ,di nyatakan tumor ganas ,setelah setahun benjolan tersebut numbuh lagi di tempat yg sama ,dan skrg terasa sangat sakit sekali sampai seperti merambat ke tangan dan pundak sakit nya ,,saya sedang menunggu hasil lab PA ke 2 sya ,,tapii harus menunggu 2 Minggu ,,sedang kan benjolan dan bekas oprasi ny sangat terasa sakit ,,gimna dok solusinya
425 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat pagi BIBenjolan pada payudara akibat tumor ganas atau kanker payudara sangat meresahkan karena berbahaya. Penyebab terjadinya kanker payudara belum dapat diketahui pasti namun dipengaruhi oleh faktor genetik, radiasi, hormonal, gaya hidup, lingkungan dan sebagainya.

Nyeri Pada Kanker Payudara

Bila sebelumnya memiliki riwayat kanker payudara maka kemungkinan besar untuk kambuh kembali. Terutama apabila terdapat sel-sel kanker yang belum bersih atau terbentuk kembali baik pada bekas operasi atau payudara sisi lainnya. Sel-sel kanker ini menyebabkan peradangan dan pembengkakan serta efek pasca operasi yang dapat menyumbat aliran kelenjar getah bening karena itu rasa sakit bisa sampai ke bahu dan tangan. Hal yang ditakutkan adalah bila sel-sel kanker kembali kambuh dan menyebar ke bagian organ lainnya.Untuk mengobati kanker ini selain dengan operasi pengangkatan payudara total juga dilakukan kemoterapi untuk membersihkan sel-sel kanker yang tersisa dan pengobatan paliatif sesuai gejala lainnya. Anda bisa konsultasikan terkait keluhan anda ke dokter bedah onkologi.

Mengatasi Rasa Sakit Payudara

Sambil menunggu hasil PA nda bisa melakukan beberapa langkah untuk mengurangi rasa sakit payudara. Langkah tersebut berupa:
  • Kompres dingin pada bagian yang sakit
  • Melakukan akupuntur oleh tenaga ahli
  • Konsumsi obat pereda nyeri dari dokter
  • Melakukan meditasi dan olahraga ringan
  • Konsumsi makanan bergizi, perbanyak buah, sayur dan protein serta menghindari makanan kemasan
  • Konsumsi air putih yang cukup
  • Sebisa mungkin untuk istirahat cukup
  • Menanggulangi stres 
Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
kanker payudarakankerpayudara
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil