Tulang selangka tampak tidak rata ketika bercermin

RP Info Penanya: RP
Mau nanya dok, tulang selangka saya terlihat tidak rata ketika bercermin, ketika lengan diayun naik turun kaya ada bunyi tuk tuk di baigian bahu, tapi selama ini saya rasa tidak pernah cidera dibagian bahu dan tidak ada rasa sakit, kadang rasa pegal beberapa saat setelah terhimpit karna tidur. Apakah ini bahaya atau ada resiko kedepannya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RP.

Tulang selangka adalah tulang yang juga dikenal dengan nama lain yaitu tulang klavikula yang merupakan tulang yang menjadi penghubung tulang sternum di bagian tengah dada dengan bahu.

Jika tampak tidak rata kanan dan kiri bisa timbul karena beberapa penyebab seperti:

  • Adanya benturan atau cedera di area bahu
  • Bahu yang tinggi sebelah bisa menjadi tanda gangguan pada tulang belakang seperti skoliosis
  • Adanya gangguan di area tulang selangka seperti peradangan, adanya benjolan seperti kista atau pembesaran kelenjar getah bening, adanya tumor
  • Patah tulang selangka

Untuk memastikannya perlu diperhatikan apakah ada keluhan lain yang timbul seperti misalnya bahu yang sulit digerakan, terasa gerakan menjadi terbatas, adanya benjolan, terasa lebih hangat di area yang terasa nyeri ataupun keluhan lain seperti nyeri di punggung. Selain itu, postur tubuh sehari-hari juga bisa berpengaruh pada tulang selangka yang tampak tidak rata, kebiasaan membawa beban di satu sisi, posisi tidur yang kurang baik, postur tubuh yang tidak seimbang antara kanan dan kiri dan lainnya juga bisa menjadi penyebabnya. 

Upayakan untuk menjaga postur tubuh saat beraktivitas, hindari membawa beban berat hanya pada satu sisi, lakukan peregangan untuk menyeimbangkan tubuh, lakukan relaksasi agar otot tidak tegang dan juga bisa menggunakan alat bantu atau shoulder support jika bahu terasa lebih nyeri dan bisa kompres bagian yang nyeri menggunakan kompres dingin untuk meredakan gejala. Semoga beramanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh SU
12 Jul 2020, 18:17
Selamat malam Dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
13 Jul 2020, 12:00
Selamat siang SU, jika ada yang ingin ditanyakan silakan gunakan fitur livechat dokter atau tanya dokter. Terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kifosis terjadi ketika tulang belakang membungkuk hingga 50 derajat

Penyebab Kifosis Bisa Beragam, Simak Cerita Kasus Ekstrem Kifosis

Penyebab kifosis sangat beragam termasuk gejala yang dirasakan penderitanya. Beberapa kasus ekstrem bisa terjadi pada bayi dalam janin hingga lansia.