Tulang rusuk sakit, nyeri saat menarik napas, dan sesak napas, apa penyebabnya ?

SM Info Penanya: SM
Dokter.. saya ingin bertanya...tulang rusuk bapak sya sejak dua hri yg lalu sakit, sesak nafasnya dok, nyeri..sakit... Kalau buat bernafas itu kaya tertarik... Sakit banget ... sakitnya mulai setelah mngangkat kayu2 dan papan2 yg berat2 dok, hri ini bapak sya drawat d RS. trdekat krn sdh sngat kesakitan. Kira2 itu pngaruh apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SM.

Keluhan yang dirasakan oleh bapak anda, kemungkinan penyebabnya antara lain :

- Cedera pada otot

- Trauma pada tulang

- Infeksi pada paru-paru seperti pneumonia, tuberkulosis, pleuritis, bronkitis akut

Namun untuk memastikan penyebab dan diagnosis dari keluhan bapak anda, diperlukan pemeriksaan lengkap. Mulai dari anamnesa (tanya-jawab) detail tentang gejala yang dialami,pemeriksaan fisik lengkap, dan pemeriksaan penunjang seperti laboratorium, rontgen sesuai indikasi.

Dikarenakan bapak anda sekarang telah dirawat di rumah sakit, anda dapat menanyakan secara langsung penyebab dan diagnosis kepada dokter yang menangani bapak anda.

 


Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab bronkitis kronis yang paling utama adalah kebiasaan merokok

Mengenal Bronkitis Kronis: Gejala dan Penyebabnya

Bronkitis kronis adalah suatu kondisi serius dan dikategorikan ke dalam penyakit paru-paru obstruktif kronis, yang dapat mengganggu sirkulasi udara di paru-paru. Penyebab utama bronkitis kronis adalah merokok. Gejala bronkitis kronis yang dapat terlihat adalah demam, menggigil, kelelahan, nyeri dada, dan mengigil.