Kenapa tulang pinggul terasa sakit dan nyeri?

M Info Penanya: M
Halo Dok. Saya mau konsultasi, saya merasakan sakit atau nyeri di tulang pinggul sebelah kanan. Padahal sebelumnya saya tidak pernah terjatuh, cuma saya sering duduk berlama-lama ketiga mengerjakan tugas. Sebaiknya apa yang saya lakukan dan bagaimana cara menghilangkan keluhan ini Dok? Jujur, aktivitas saya jadi terganggu karena jadi susah berjalan atau melakukan gerak yang lainnya. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam M,

Keluhan yang Anda rasakan berupa nyeri pada pinggul bisa disebabkan oleh faktor seperti postur duduk yang tidak benar, kram otot, adanya saraf tulang belakang yang terjepit.

Bila aktivitas Anda banyak dihabiskan dengan posisi duduk, maka Anda harus memperhatikan posisi duduk yang benar yakni tidak boleh bungkuk dan miring, atur agar posisi kursi dan meja nyaman, tidak terlalu tinggi atau tidak terlalu rendah. Selalu usahakan lakukan peregangan ringan setiap selesai duduk selama 30 menit, misal dengan berjalan-jalan sesaat atau sekedar berdiri dan memutar-mutar tubuh, untuk menghindari kram otot.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan korset untuk menjaga postur tulang belakang Anda. Kompres menggunakan air hangat pada bagian yang nyeri, serta minum paracetamol sebagai obat pereda nyeri sementara. Pastikan olahraga 30 menit setiap hari untuk menjaga kelenturan otot-otot tubuh Anda.

Bila keluhan tidak membaik, semakin nyeri, maka sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Stres, kafein, kurang tidur dan air putih, serta konsumsi obat tertentu merupakan penyebab kram otot

6 Penyebab Kram Otot

Kontraksi atau kram otot terjadi karena otot bergerak tanpa perintah otak. Kontraksi ini dapat berupa denyutan hingga kejang, dan lebih dikenal sebagai kram.