Tulang lutut nyeri dan menonjol serta berbunyi saat ditekuk

B Info Penanya: B
Halo dok, saya anak laki2 berusia 17 tahun. Saya mengalami sedikit keluhan. Jadi yang saya rasakan itu sakit di lutut dok, nyeri, kalau di tekuk sering berbunyi. Kalau kaki saya luruskan, itu kedua lutut saya kayak bola gitu dok, bisa gerak gerak ke kanan kiri atas bawah. Kalau di tekuk kelihatan ada cekungan nya di sisi luar. Mohon penjelasan nya ya dok, terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, B.

Tulang lutut merupakan bagian tulang yang cukup keras. Pada lutut sendiri terdapat tulang kecil yang disebut dengan tulang tempurung lutut dan berfungsi untuk membantu pergerakan serta melindungi persendian di daerah lutut. Seperti pada bagian lainnya, tulang lutut pun dapat mengalami gangguan, seperti penonjolan tepi tulang yang dikenal dalam bahas medis degan osteofit.

Osteofit pada umumnya terjadi karena proses radang sendi (osteoartritis) dan lebih sering terjadi pada usia lanjut. Akan tetapi keadaan tersebut dapat juga berupa kelainan bawaan tulang dan sendi yang bersifat genetik. 

Mengenai keluhan yang Anda alami, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut terlebih dahulu seperti pemeriksaan fisik, foto rontgen bagian lutut dan pemeriksaan lainnya untuk memastikan penyebab dari gangguan pada tulang lutut Anda. Gangguan yang dialami tersebut dapat Anda periksakan ke dokter Spesialis Bedah Ortopedi.

Untuk sementara Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri bergolongan asetaminofen yang dijual bebas di apotek jika keluhan nyeri mulai mengganggu aktivitas dan menjag aberat badan agar tidak berlebihan dan memberikan beban lebih berat pada lutut. Anda pun sebaiknya tetap berolahraga untuk senantiasa menjaga kelenturan sendi lutut.

Jika nyeri bertambah, adanya kesulitan untuk menggerakan kaki dan disertai dengan pembengkakan, segeralah memeriksakan diri.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Osteoporosis dapat menyebabkan risiko patah tulang meningkat

Terbentur Sedikit Bisa Patah Tulang, Waspadai Bahaya Osteoporosis

Osteoporosis bisa membuat risiko terjadinya patah tulang meningkat dua kali lipat. Orang yang terkena penyakit ini, bisa mengalami patah tulang hanya karena batuk terlalu kencang atau tidak sengaja menyenggol meja.