Tulang kepala teraba masuk kedalam dan nyeri karena apa?

VC Info Penanya: VC
Kemarin kepentok keran. Dan saat di raba" bagian dahi atas yang kepentok tulangnya masuk kedalam trus sakit klo dipegang dok, itu knp ya, hrus gmna, kira" pertolongan awalnya gmna ya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang VC,

Adanya trauma kepala atau benturan pada kepala adalah salah penyebab rasa nyeri dan perubahan yang dirasakan. Jika teraba adanya bagian tulang kepala atau tengkorak yang terasa nyeri bahkan sampai tampak masuk ke dalam maka perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter segera.

Adanya cedera kepala dengan bagian yang teraba kedalam bisa disebabkan oleh adanya benjolan atau yang dikenal dengan istilah hematom sehingga terasa lebih lunak dan bisa terasa seperti masuk kedalam kondisi ini biasanya dapat sembuh tanpa penanganan khusus. Kemungkinan lain jika terjadi pada tulang kepala adalah ada kemungkinan terjadi fraktur kompresi sehingga perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut misalnya foto rontgen dan pemindaian dengan CT scan jika diperlukan apabila ada indikasi perdarahan.

Sementara bisa mengompres bagian yang nyeri dengan kompres dingin untuk meredakan rasa nyeri. Bisa konsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol. Jika timbul sakit kepala hebat, muntah, sampai pingsan maka perlu segera ke rumah sakit terdekat untuk segera mendapatkan penanganan.

Jika nantinya terjadi adanya fraktur kompresi atau patah tulang yang membuat tulang masuk ke dalam, maka akan dilakukan penanganan sesuai dengan kondisinya termasuk kemungkinan perlu adanya operasi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu penyebab kepala sering pusing, yaitu kekurangan zat besi

11 Penyebab Kepala Sering Pusing yang Perlu Anda Waspadai

Pusing tentu bisa sangat mengganggu apalagi ketika akan beraktivitas. Ini bisa membuat Anda merasa berputar, kliyengan, dan tak seimbang. Ternyata, ada berbagai penyebab kepala sering pusing yang mungkin terjadi. Apa saja, ya?