14 May 2020, 07:59Mata

Apakah yang menyebabkan nyeri pada kelopak dan area sekitar mata saya?

IC
Info Penanya: IC, Wanita, 19 Tahun
Halo dok, saya mau bertanya. Akhir-akhir ini tulang kelopak mata saya terasa sakit, apalagi saat berkedip. Kira-kira kenapa ya dok? Dan juga apakah ada pengaruh dari begadang? karena saya suka susah tidur, tidur pun juga sering terbangun. Terima kasih.
53951 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, ICTerima kasih atas pertanyaan AndaMata merupakan salah satu panca indra manusia yang berfungsi untuk melihat. Selain dari bola mata, kelopak mata merupakan salah satu bagian penting pada mata. Salahs atu fungsinya adalah untuk membasuh mata dan juga menjaga bola mata dari benda asing.Mata lelah atau Astenopia adalah kondisi dimana mata terasa lelah akibat dari penggunaan yang terus-menerus. Biasanya hal ini terjadi akibat dari tertalu lama menatap layar komputer/laptop atau gadged, selain itu bisa juga karena beraktivitas pada ruangan dengan pencahayaan minimal (redup). Pada umumnya astenopia ini dapat membaik dengan sedirinya bila berisitirahat. Namun pad akondisi tertentu speerti pada penderita mata silinder (astigmatisme) dan atau rabun dekat, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

Adapun gejala yang muncul adalah sebagai berikut ini:

  • Mata terasa kering
  • Nyeri pada bola mata
  • Nyeri pada area sekitar mata (kelopak mata, tulang)
  • Sakit kepala / pusing
  • Pandangan kabur
  • Bahkan pada beberapa orang dapat menimbulkan keluhan mual
Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, bisa disebabkan oleh berbagai ondisi. Selain itu bisa juga terjadi karena adanya peradangan dari kelopak mata, atau bisa juga karena adanya riwayat trauma / cedera pada area sekitar mata. Tindakan yang bisa Anda lakukan adalah istirahat cukup, atur kembali jam tidur Anda, konsumsi makanan bergizi, kurangi penggunaan gadget / menatap layar laterlalu lama, dan hindari beraktivitas pada ruangan dengan pencahayaan kurang.Jika keluhan dirasa tidak membaik, segera periksakan ke dokter spesialis mata terdekat.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
kesehatan matagangguan matamata lelah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil