30 Dec 2020, 16:29Penyakit Lainnya

Mengapa saraf terjepit (HNP) disarankan untuk rontgen paru ?

NN
Info Penanya: NN0
Sore dok,ibu saya divonis saraf kejepit sm dkter saraf,tapi setelah dilakukan pengobatan lebih lanjut dan dilakukan scaning kata dokter tulang ekor ibu saya bermasalah (bengkok) dan dirujuk ke dokter tulang,tapi yg saya bingung dokter tulang malah menyarankan ibu saya agar di rontgen paru ktanya takutnya ada masalah di paru,padahal ibu saya tidak ada sedikitpun gejala2 penyakit paru. Yang mau saya tanyakan apa iya ada keterkaitan antara permasalahan tulang ekor dengan penyakit paru??
4014 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, N.Saraf terjepit yang dalam istilah medis disebut dengan hernia nukleus pulposus (HNP) adalah kondisi dimana saraf yang berada di sepanjang jalur tulang belakang mengalami gangguan bisa dikarenakan pengapuran tulang, benjolan berupa tumor yang menekan saraf, trauma atau benturan pada tulang belakang, pergeseran tulang belakang, riwayat mengangkat beban berat, ataupun karena TBC pada tulang. 

Gejala saraf terjepit (HNP) yang sering terjadi 

Gejala saraf terjepit (HNP) yang sering terjadi antara lain :
  • Nyeri punggung bawah terasa sejak lama yang tidak hilang walau mengkonsumsi obat nyeri seperti parasetamol.
  • Mati rasa pada kedua kaki.
  • Kesulitan menahan kencing dan buang air besar.
  • Sensasi sakit, terbakar, panas, gatal pada kedua kaki walau tidak ada stimuls (pencetus).
  • Kesulitan untuk berjalan.
  • Punggung terasa sangat sakit terutama saat berpindah posisi atau mengangkat beban.

Mengapa saraf terjepit (HNP) disarankan untuk rontgen paru ?

Salah satu penyebab saraf terjepit yang saya sebutkan di atas, adalah TBC tulang dimana TBC tulang ini sering terlambat dideteksi. TBC tulang merupakan penjalaran kuman TBC dari paru-paru yang merusak tulang sehingga saraf menjadi terganggu. Gejala yang dirasakan kadang serupa dengan gejala TBC, seperti batuk lama, demam ringan, kelemahan, penurunan berat badan maupun orang dengan riwayat TBC paru sebelumnya. Untuk memastikan hal tersebut, maka dokter menyarankan untuk rontgen paru-paru agar melihat apakah terdapat kuman penyebab TBC paru atau tidak. Selain itu, jika terdapat tumor di tulang belakang termasuk tulang ekor, maka dengan pemeriksaan rontgen paru, dokter juga dapat melihat apakah tumor menjalar ke paru-paru atau tidak. Namun untuk jawaban yang lebih pasti, Anda dapat berkonsultasi ulang ke dokter saraf atau dokter tulang yang menangani Ibu Anda.Yang dapat Ibu Anda lakukan adalah menjaga kesehatan tulang dengan menghindari mengangkat beban berat dan duduk terlalu lama, makan makanan yang mengandung kalsium tinggi, dan lakukan kompres hangat pada tulang yang sakit.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tbcsaraf terjepitcedera saraf tulang belakang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil