Tulang dan sendi keropos

HJ Info Penanya: HJ, Wanita
Tulang keropos dan sendi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang HJ,

Permasalahan pada tulang dan sendi bisa beragam, dimana gangguan tersebut bisa terjadi baik karena cedera atau benturan, faktor usia, penyakit autoimun, gaya hidup dan aktivitas fisik, ataupun karena penyakit lain seperti misalnya infeksi ataupun keganasan pada tulang.

Tulang yang keropos bisa terjadi karena kepadatan tulang mengalami pengurangan bisa karena usia ataupun karena asupan nutrisi yang kurang baik seperti karena asupan vitamin D dan asupan mineral yang kurang seperti kalsium. Faktor lain yang bisa juga berpengaruh pada pengeroposan tulang adalah kondisi hormonal dan penggunaan alat kontrasepsi seperti misalnya KB suntik yang bisa berpengaruh pada kepadatan tulang. Sedangkan pada sendi sendiri bukan terjadi pengeroposan tetapi bisa mengalami gangguan akibat pengapuran tulang ataupun peradangan sendi.

Untuk itu jika mengalami masalah pada sendi dan tulang ada baiknya memeriksakan diri pada dokter agar diketahui permasalahan apa yang terjadi dan dilakukan pemeriksaan tambahan seperti misalnya pemeriksaan lab darah, pemeriksaan kepadatan tulang atau bone densitometry, pemeriksaan USG, foto rontgen ataupun pemindaian menggunakan CT scan atau MRI. Sebelum nantinya dilakukan penanganan dan pencegahan agar gangguan pada tulang dan sendi tidak bertambah berat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tidak hanya mabuk, efek alkohol terhadap tubuh adalah dapat memicu diabetes

Jangan Remehkan 13 Efek Alkohol pada Tubuh Anda Ini

Menyesap alkohol sekali-kali tidaklah masalah, tapi meminumnya secara berlebih dapat menimbulkan efek negatif terhadap kesehatan. Efek alkohol terhadap tubuh tak boleh diremehkan, karena dapat menyebabkan penyakit jantung, dan berbagai gangguan medis lainnya.