29 Nov 2020, 23:52Penyakit Lainnya

Mengapa tulang selalu berbunyi?

DD
Info Penanya: DD0
salam dok .. terimakasih mau melihat dan merespon keluhan sy ini . dlm beberapa minggu ini sy rutin minun anlene 2x1 hari . biasa nya tulang sy tdk bunyi . tp kenapa semenjak sy minum anlene tulang sy selalu bunyi ? berjalan pun bunyi . umur sy masih 28 tahun .sy malu dok?
669 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, DD.Tulang adalah organ yang berfungsi sebagai penopang dan penyokong tubuh manusia. Ada ratusan tulang pada tubuh manusia, yang beberapa di antaranya terhubung satu sama lain oleh sendi.Sebenarnya, tulang tidak bisa berbunyi. Apabila Anda mendengar bunyi dari tulang, kemungkinan bunyi tersebut berasal dari pergerakan sendi. Kemudian, apabila intensitas bunyi semakin bertambah setelah mengonsumsi satu jenis susu, maka belum dapat dipastikan bahwa itu adalah efek dari susu tersebut. Bisa saja itu adalah dua hal yang kebetulan muncul bersamaan.Untuk memastikan, Anda dapat mencoba untuk menghentikan konsumsi susu tersebut terlebih dahulu. Apabila sendi Anda sudah tidak berbunyi, maka masalah dapat terselesaikan dengan baik. Sebaliknya, apabila tetap berbunyi, maka berarti benar bahwa bukan disebabkan oleh susu tersebut, namun karena kondisi lain.Beberapa kondisi yang mungkin menyebabkan sendi sering berbunyi adalah:
  • adanya udara yang terperangkap di dalam sendi
  • kekakuan otot-otot di sekitar
  • dislokasi
  • gangguan pada ligamen (jaringan penyambung otot dan tulang)
Anda dapat memastikan dengan melakukan pemeriksaan secara langsung (tatap muka) kepada dokter spesialis ortopedi. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, misalnya rontgen, untuk memastikan penyebabnya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
masalah tulangpenyakit tulangdislokasi sendi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil