Bagaimana cara mengatasi keloid?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 18 Tahun
Dok Saya mau bertanya. Saya memiliki masalah kulit pada hidung saya. Hidung saya memiliki bekas jerawat yang timbul seperti daging. Cara mengatasinya bagaimana ya Dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SA,

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang bisa dialami siapa saja, dari yang ringan hingga yang berat sampai mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Terlebih jerawat seringkali meninggalkan bekas merah kehitaman hingga wajah yang berlubang-lubang.

Namun pada kulit yang sensitif dan mudah mengalami keloid, maka adanya bekas luka akan menimbulkan pertumbuhan jaringan parut yang berlebihan yang disebut dengan keloid. Keloid ini ditandai dengan jaringan yang menimbul bila dibandingkan dengan lapisan kulit di sekitarnya, terasa gatal, berwarna merah kecokelatan, dan bila sering kena gesekan maka akan semakin membesar dengan berjalannya waktu.

Cara menghilangkan keloid adalah dengan cara:

  • Gunakan gel silikon menutupi jaringan keloid. Hal ini bertujuan untuk mencegah pertumbuhan jaringan yang berlebihan.
  • Suntikan kortikosteroid oleh dokter. Suntikan ini merupakan salah satu cara yang sangat efektif, namun menimbulkan rasa nyeri saat disuntik, terlebih bila jaringan sudah teraba keras dan lama.
  • Tindakan Cryotherapy untuk mengempeskan jaringan keloid.
  • Oleskan bahan alami seperti madu atau bawang putih. Namun bila terasa gatal atau panas, harus segera dibilas dan dihentikan.

Lakukan pemeriksaan ke dokter kulit agar bisa ditangani dengan tepat dan tidak menimbulkan bekas.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada banyak cara mengatasi jerawat meradang di kulit, salah satunya adalah dengan antibiotik

7 Cara Mengatasi Jerawat Meradang yang Ampuh

Jerawat meradang terasa lebih mengganggu daripada jerawat biasa. Selain karena rasanya lebih nyeri, jerawat yang meradang juga biasanya ukurannya lebih besar dan berwarna lebih merah sehingga tampak jelas terpampang di wajah. Beruntung, ada banyak cara untuk mengatasinya, baik secara alami maupun dengan obat.