Tubuh terasa panas dan kaki dingin. Kulit gatal apabila digaruk semakin banyak dan membesar. Penyakit apa yang diderita?

RD Info Penanya: RD, Wanita, 2019 Tahun
jika didalam tubuh terasa panas,kaki dingin,dan ditumbuhi gatal apabila digaruk akan semakin banyak dan membesar penyakit apakah yang diderita saya Dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, RDH

Terima kasih atas pertanyaannya.

Bagian pertama keluhan anda badan terasa panas dan kaki dingin, mungkin yang anda maksud meriang atau panas dingin ya? Biasanya karena reaksi tubuh menghadapi radang, radang bisa akibat infeksi kuman atau hal lain. Kemungkinan peradangan anda berasal dari kulit dan berdasarkan deskripsi anda kemungkinan akibat pengaruh udara dingin. Anda dapat membaca artikel mengenai Reaksi Kulit Akibat Udara Panas maupun Dingin.

Untuk mengatasinya dapat dengan mengonsumsi obat antialergi (antihistamin) secara teratur, selama beberapa minggu. Obat-obatan tersebut dapat membantu mengurangi ruam kemerahan serta rasa gatalnya. Obat jenis ini umumnya dapat menyebabkan kantuk, jadi hindari membawa kendaraan saat mengkonsumsi obat ini. Bila keluhan anda tidak kunjung sembuh, sebaiknya konsultasi dengan Dokter Spesialis Kulit untuk tatalaksana selanjutnya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gatal setelah melahirkan bisa terjadi di area perut, lengan, kaki, hingga punggung

Gatal Setelah Melahirkan Bikin Kesal? Ternyata Ini Penyebabnya

Gatal setelah melahirkan bisa terjadi akibat perubahan hormon sekaligus rasa stres. Ibu baru, jangan lupa untuk rileks ya!