16 Jun 2020, 08:49Penyakit Lainnya

Tubuh lemas seperti mabuk saat bangun tidur, karena apa ?

AI
Info Penanya: AI0
Kenapa setiap bangun tidur tubuh ini oleng kaya orang mabuk padahal saya ga makan/minum yang memabukan ?
12968 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat pagi, AI.Tubuh lemas seperti mabuk atau melayang saat bangun tidur merupakan keluhan yang dapat terjadi karena berbagai faktor. Ketika bangun tidur, umumnya terjadi perubahan tekanan daran yang drasti saat Anda merubah posisi tidur menjadi duduk. Mekanisme yang terjadi ialah penarikan aliran darah mengikuti gaya gravitasi yang mengakibatkan pasokan pada ke otak menjadi berkurang. Jika terjadi dengan terlalu cepat atau mendadak, maka keadaan tersebut dapat menimbulkan beberapa gejala berupa pusing dan sensasi melayang, lemas, mual dan penglihatan yang kabur.

Adapun beberapa faktor pemicu terjadinya lemas dan sensasi melayang saat bangun tidur yang meliputi :

  • dehidrasi atau kurangnya mencukupi kebutuhan cairan setiap harinya
  • kadar gula darah yang rendah
  • penurunan tekanan darah pada posisi tertentu (hipotensi ortostatik)
  • riwayat konsumsi kafein yang berlebih sebelumnya
  • tidur yang kurang berkualitas karena berbagai faktor seperti :
    • mengalami stres dan gangguan mental emosinal lainnya
    • penggunaan gadget berlebih sebelum tidur
    • kurang berolahraga
    • konsumsi makanan berat sebelum tidur
  • kondisi medis dan penyakit tertentu seperti anemia dan gangguan jantung
Keluhan yang Anda alami, dapat terjadi kerana salah satu faktor diatas. Jika keluhan tidak terlalu sering dialami, mungkin penyebab dari keluhan Anda tidaklah serius. Akan tetapi, jika dialami setiap harinya selama lebih dari satu minggu lamanya, ada baiknya Anda untuk segera memeriksakan diri.

Untuk sementara Anda dapat melakukan beberapa tips berikut untuk membantu mengatasi keluhan Anda, diantaranya adalah :

  • hindari perubahan posisi bangun tidur (dari berbaring ke duduk) yang mendadak
  • memenuhi kebutuhan cairan perhari, khususnya 3 L air putih untuk laki-laki
  • penuhi kebutuhan tidur malam perhari yakni 7-8 jam/hari
  • hindari konsumsi sumber kafein berlebih
  • berolahraga ringan dengan rutin minimal 30 menit setiap sesinya
  • mendi air hangat sebelum tidur
  • menggunakan aroma terapi lavender untuk meningkatkan kualitas tidur
  • hindari makan berat sebelum tidur
  • pelajarilah manajemen stres untuk kualitas tidur yang lebih baik
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.
 
Salam sehat,
 
dr. Rahmita Dewi
kurang tidurpusingkelelahan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil