Apakah hamil jika berhubungan pasangan mengeluarkan sperma diluar?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 20 Tahun
Sore dok saya mau tanya dok saya kan berhubungan intim dok tapi saya dh tiris dok menstruasi saya dok tapi pas pasangan keluarin sperma nya di luar dok apakah saya hamil dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang W,

Coitus interuptus atau melakukan hubungan senggama terputus adalah salah satu metode yang dianggap bisa mencegah kehamilan, tetapi pada saat melakukan hubungan seksual bisa ada cairan yang keluar dari pria yang bisa mengandung sel sperma. Cairan ini disebut cairan preejakulasi dan bisa menimbulkan kemungkinan untuk menimbulkan kehamilan.

Untuk bisa terjadi pembuahan hanya diperlukan satu sel sperma saja dimana dalam 1 tetes mani bisa mengandung ratusan ribu hingga jutaan sel sperma. Untuk itu bisa memungkinkan terjadinya kehamilan.

Apabila setelah berhubungan seksual terjadi menstruasi yang terlambat, maka bisa coba dilakukan tes kehamilan. Nantinya jika nantinya terdapat hasil testpack yang samar bisa diulang atau dipastikan dengan pemeriksaan USG pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. 

Jika masih belum ingin memiliki momongan atau masih ingin menunda dulu, bisa coba dilakukan penundaan menggunakan metode kontrasepsi ya. Bisa dengan menggunakan beberapa metode jika menunda tidak terlalu lama seperti:

  • Menggunakan Pil KB
  • Menggunakan kondom

Jika akan menunda lebih lama sekitar 1-2 tahun bisa coba gunakan metode lain seperti misalnya KB implan atau suntik KB. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat nyeri haid yang bisa dibeli di apotek

Pilihan Obat Nyeri Haid yang Bisa Dibeli Bebas di Apotek

Obat nyeri haid yang ampuh saat ini sudah dapat Anda beli sendiri di apotek tanpa resep dari dokter. Umumnya, obat jenis ini masuk ke dalam golongan obat OAINS.