Trombosit turun apa gejala DBD?

KP Info Penanya: KP, Wanita
dok saya mw tanya kmrn saya ke lab hasil nya trombosit anak saya 174.000 hematokrit 35 leukosit 9000 dan remoglobin 12,1 dan hari ini anak saya cek lab lagi trombosit nya naik jadi 223.000, hematokrit 36, leukosit 9600 dan hemoglobin 12,7apa itu dikatakan gejalan db ap bkn?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KP,

Demam berdarah dengue  adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dengue akibat gigitan nyamuk Aedes aegypti. Pada penyakit demam berdarah seringkali muncul keluhan demam tinggi, mual, muntah, nyeri kepala, nyeri sendi, dan bisa disertai dengan mimisan, BAB darah atau sesak napas. Gejala yang muncul tergantung dari berat ringannya penyakit. Biasanya dokter akan menyarankan pemeriksaan darah lengkap jika anak sudah demam selama 3 hari, untuk menghindari terlambatnya penanganan demam berdarah.

Seseorang diklasifikasikan demam berdarah dengue bila pada pemeriksaan hasil laboratorium didapatkan nilai trombosit dibawah 100.000 mg/dl, ada tanda-tanda hemokonsentrasi dimana hematrokit akan meningkat, dan seringkali kadar leukosit dibawah 5000 mg/dl, selain tentunya ditunjang oleh gejala-gejala yang saya sebutkan di atas seperti mimisan, BAB berwarna hitam, dll.

Pemeriksaan yang terlalu dini seringkali membingungkan, apakah memang bukan demam berdarah, atau demam berdarah namun pemeriksaannya terlalu dini sehingga kondisi tubuh masih baik dan hasil laboratorium masih normal.

Dari hasil laboratorium anak Anda didapatkan hasil yang lebih baik dibanding hari sebelumnya, hal ini menunjukkan ada perbaikan kondisi pada anak Anda, namun hal ini perlu dicocokkan dengan kondisi klinisnya.

Bila anak masih panas, mual, nyeri kepala, sebaiknya 2 hari lagi melakukan pemeriksaan darah ulang atau melakukan konsultasi dengan dokter anak. Sementara itu Anda bisa melakukan kompres air hangat bila anak demam, memberi lebih banyak minum air putih, serta istirahat yang cukup, dan memberikan suplemen multivitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Salam sehat,

dr. Vina.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ikan pemakan jentik nyamuk untuk DBD

Ikan Pemakan Jentik Nyamuk yang Bisa Anda Pelihara

Ikan pemakan jentik nyamuk merupakan salah satu cara memutus penyebaran nyamuk DBD. Jenis ikan ini antara lain ikan gupi, ikan kepala timah, dan ikan mas.