Menurunkan trombosist pada anak usia 7 bulan, bagiamana caranya ?

GF Info Penanya: GF, Pria, 1 Tahun
Saya mau tanya dok,gimana cara pengobatan untuk menurunkan trombosit pada anak usia 7bulan. Atau harus mengonsumsi makanan apa buat ibu nya yang sedang menyusui.terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, GF.

Trombosit adalah salah satu komponen darah yang berfungsi untuk membekukan darah saat terjadi luka, guna mencegah tubuh kehilangan terlalu banyak darah. Seperti pada bagian tubuh lainnya, trombositpun dapat mengalami gangguan atau kelainan berupa kadar nya yang tidak normal, baik mengalami kekurangan atau menjadi terlalu banyak. Keadaan kadar trombosist yang terlalu banyak di dalam darah disebut dengan trombositemis atau trombositosis.

Adapun penyebab dari keadaan trombositosis, diantaranya adalah :

  • perdarahan akut
  • infeksi virus atau bakteri
  • keganasan atau kanker
  • kekurangan zat besi
  • peradangan dan penyakit tertentu
  • adanya penyakit darah atau penyakit autoimun
  • adanya reaksi terhadap obat-obatan tertentu

Mengenai keadaan yang dialami oleh anak Anda, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut terlebih dahulu untuk memastikan penyebab dari keadaan trombositosisnya. Hal ini berhubugan pula dengan terapi yang diperlukan, karena setiap faktor penyebab akan membutuhkan terapi yang berbeda-beda. Pada keadaan infeksi, dengan menyembuhkan infeksinya keadaan trombosisitosis akan dapat tertangani seiring dengan sembuhnya infeksi, sedangkan pada keadaan trombositosis esensial dokter mungkin akan memberikan terapi obat-obatan khusus dalam jangka waktu yang panjang.

Ada baiknya Anda untuk segera memeriksakan anak Anda ke dokter spesialis Anak untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pastikan labu kuning untuk bayi dalam kondisi yang baik

Manfaat Labu Kuning untuk Bayi yang Luar Biasa

Ketika mulai MPASI, Bunda mungkin kebingungan dalam menentukan makanan yang cocok untuk bayi. Labu kuning dapat menjadi pilihan yang baik lho, Bunda! Sebab ada berbagai manfaat labu kuning untuk bayi yang sayang untuk dilewatkan.