Trombosit kurang dari normal. Apakah artinya?

CD Info Penanya: CD, Pria, 23 Tahun
Dokter saya ingin bertanya Trombosit saya kurang Dari batas normal dan seharusnya Hari ini saya disuruh langsung Di rujuk ke RS. Trombosit saya cuma 119.000 Dan berkurang terus. Saya mau saya Di rujuk Di RS tapi saya terkendala Di keuangan Dan saya tidak Ada BPJS ataupun sejenisnya. Saya Di anjurkan mengkonsumsi obat Angkak setelah saya cek harga Di apotik harga Yang cair nya saja itu 25 rb/ boyoh padahal saya Di anjurkan 1 Hari 3x mengkonsumsi obat angkak nya. Saya Cari Yang tabel tidak Ada. Ini saya beli obat Dehaf itu gimana Dogter...?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, CDY

Terimakasih sudah mengajukan pertanyaan di Forum SehatQ.

Trombosit adalah bagian dari tubuh kita yang berperan dalam pembekuan darah. Bila trombosit rendah maka kita akan mudah mengalami perdarahan. Dari yang kecil seperti perdarahan di dinding pembuluh darah sampai yang besar seperti mimisan. 

Trombosit seringkali turun pada saat anda mengalami infeksi terutama infeksi virus. Sedangkan salah satu infeksi virus yang paling ditakuti adalah virus Dengue penyebab Demam Berdarah. Pada saat trombosit turun ke nilai kritis anda bisa mengalami perdarahan dari mimisan, gusi berdarah dan lainnya. Tapi perdarahan yang tidak terlihat juga terjadi di dinding pembuluh darah. Sehingga darah merembes keluar dari pembuluh darah sehingga volumenya ikut berkurang dan mengakibatkan syok.

Untuk menangani trombosit rendah pada kasus berat akan memerlukan transfusi trombosit terutama bila trombosit sudah dibawah 20000 atau ada tanda perdarahan besar.

Obat-obatan hanya bersifat suplemen dimana belum tentu setiap orang memiliki reaksi yang sama. Dan belum tentu trombosit jadi naik. 

Saran saya anda kontrol kembali dan memeriksa kadar trombosit anda dan mendapat terapi yang optimal.

Salam sehat,

dr. Andre Zaini

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Periksa pakaian dan genangan air, jangan sampai nyamuk aedes aegepty berkembang biak

Musim Hujan Datang, Awas Bahaya Demam Berdarah Dengue (DBD)!

Selain memeriksa genangan air dan mendapat vaksin, Anda juga perlu melakukan beberapa langkah berikut ini supaya Anda dan keluarga terhindar dari bahaya DBD yang mengintai di musim hujan ini.