02 Nov 2020, 03:47Kandungan

Apakah telat haid boleh lakukan pijat perut?

LB
Info Penanya: LB, Wanita, 23 Tahun
Dok saya mau tanya, sebelum telat datang bulan sy test pack tapi hasilnya negatif.. kemudian sy pijat perut krna setelah keguguran belum pernah pijat perut.. kata orang tua itu dianjurkan supaya posisi rahim kembali semula.. benarkah asumsi itu dok?? Kemudian setelah pijat perut itu sy telat haid selama 2 Minggu skrang.. kalau menurut hitungan bidan sy sudah hamil ketika pijat kmren.. bagaimana dengan kondisi janin sy dok? Apakah beresiko nantinya?
3919 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, LBNTerima kasih atas pertanyaannya.Haid dapat kembali teratur umumnya sekitar 1-1,5 bulan setelah keguguran dengan catatan haid sebelum hamil memang teratur.  Karena rahim membutuhkan waktu untuk mengembalikan kondisi seperti sebelum kehamilan tanpa perlu dilakukan tindakan pemijatan.  Jika haid belum juga datang dalam jangka waktu tertentu maka kemungkinan ada gangguan pada siklus haid.  Telat haid tidak mesti hanya terjadi karena kehamilan, ada faktor lain yang menyebabkan gangguan pada siklus haid.

Beberapa kondisi selain kehamilan yang menyebabkan siklus haid terganggu :

  • Istirahat yang kurang.
  • Stres dan emosi yang tidak stabil.
  • Penggunaan KB hormonal
  • Kelebihan atau kurang berat badan.
  • Penyakit yang menganggu hormonal.
Pemijatan tidak disarankan untuk melakukan pijatan terutama pada bagian perut.  Karena berisiko untuk menganggu organ di dalam perut sehingga dapat terjadi penyumbatan pada usus.  Pemijatan pada kehamilan awal pun juga tidak diperbolehkan karena berisiko terjadinya keguguran.  Jika anda telat haid, anda bisa lakukan kembali testpack ulang pada pagi hari sesuai petunjuk penggunaan.  Anda juga dapat melakukan beberapa tips untuk membantu melancarkan haid.

Tips untuk membantu melancarkan haid :

  • Istirahat minimal 7 jam. Hindari begadang.
  • Mengontrol stress.
  • Perbanyak minum air putih dan makanan yang bernutrisi tinggi.
  • Mengurangi makanan instan, makanan cepat saji, minuman berkafein serta bersoda.
  • Olahraga rutin 30 menit setiap hari.
Jika anda tidak kunjung haid hingga 3 bulan atau testpack positif, periksa ke dokter kandungan guna mengetahui penyebab pasti tidak haid dan kondisi rahim anda.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
siklus haidkehamilanhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil