Trimester pertama kehamilan keluar darah berupa flek cokelat

N Info Penanya: N
Dok saya mau tanya,Saya hamil udh 6 minggu, sudah 2hr ini keluar darah, yg kemaren hny sekedar flek kecoklatan saja..Tp hari ini darah nya seperti haid dan lumayan bayak..Tp perut saya tidak kram ataupun gejala lain..Apakah aman dok,Mohon solusinya..Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Flek darah atau flek cokelat ketika hamil adalah gejala yang bisa terjadi karena beberapa hal baik hal yang normal ataupun yang perlu diwaspadai. Flek cokelat saat hamil bisa merupakan tanda kehamilan ketika terjadi penempelan sel telur yang sudah dibuahi ke dinding rahim atau disebut perdarahan implantasi. Hal ini merupakan hal yang normal, dimana biasanya tidak disertai gejala lain.

Apabila flek cokelat keluar lebih deras atau disertai gejala lain seperti kram perut, nyeri perut bawah, nyeri punggung maka perlu diwaspadai karena bisa merupakan gejala ancaman keguguran atau abortus imminens, bisa karena letak janin yang tidak normal atau kehamilan ektopik, adanya gangguan organ reproduksi seperti polip atau karena tumor jinak atau miom, dan juga bisa karena peradangan leher rahim.

Untuk itu tidak perlu khawatir dan cemas jika keluar bercak darah tanpa disertai gejala lain. Beberapa hal yang bisa dilakukan diantaranya adalah:

  • Menjaga aktivitas fisik dengan menghindari aktivitas berat
  • Perbanyak istirahat
  • Memeriksakan diri pada dokter jika perdarahan masih terjadi
  • Melakukan pemeriksaan USG di usia kehamilan antara 10-12 minggu untuk melihat dan memastikan kondisi awal kehamilan
  • Minum vitamin hamil terutama asam folat
  • Kelola stres dengan baik

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jengkol untuk ibu hamil boleh saja dikonsumsi asalkan sesuai batasan

Jengkol untuk Ibu Hamil, Haruskah Konsumsinya Dibatasi?

Mengingat tak ada makanan penyebab keguguran, jengkol untuk ibu hamil sah-sah saja dikonsumsi. Meski demikian, apapun yang dikonsumsi berlebihan tentu tidak disarankan, termasuk ketika berurusan dengan jengkol untuk ibu hamil.