Trimester kedua kehamilan: mengatasi nyeri perut dan susah tidur

EK Info Penanya: EK, Wanita, 24 Tahun
Selamat sore, Dok. Perut bagian bawah sering sakit, apalagi dibawa berjalan. Saat saya tidur telentang mau miring pinggang rasanya sakit sekali, butuh waktu sekitar setengah jam untuk bisa miring. Apakah kondisi ini berbahaya, Dok? Saat ini saya sedang hamil 26 minggu. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang Ibu EKS,

Pada usia kehamilan 6 bulan atau 26 minggu yaitu trimester ke 2 kehamilan, saat ini bayi sudah berkembang lebih besar, bayi sudah bisa mendengar suara dari luar sehingga dapat diajak komunikasi. Pada saat ini maka Ibu akan merasakan pergerakan bayi yang pertama kalinya berupa tendangan atau dorongan. Perkembangan yang cepat dari bayi menyebabkan otot rahim meregang dan melebar mengikuti perkembangan bayi, hal ini yang menyebabkan terjadinya kram pada perut atau dikenal dengan nama kontraksi. Juga sering menimbulkan keluhan sakit pada perut bagian bawah

Ibu disarankan menggunakan penopang perut saat bergerak aktif seperti korset khusus untuk menahan beratnya perut sehingga mencegah terjadinya kontraksi, saat tidur di malam hari dan beristirahat di siang hari supaya meletakkan posisi kaki lebih tinggi dari badan dengan bantal yang ditumpuk bersusun.

Pembesaran kandungan secara normal akan menekan kandung kencing, menyebabkan refleks berkemih menjadi sering sehingga Ibu akan sering BAK. Sebaiknya minum banyak dibatasi pada siang hari sampai sore hari saja, sehingga tidak mengganggu waktu ibu tidur malam hari.

Sebaiknya makan sering dengan porsi kecil, misalnya sebelumnya makan sehari cukup 3x saja, maka untuk ibu hamil dapat menjadi 5 kali yaitu 3 kali makan besar dan 2 kali makan selingan. Dengan pertumbuhan bayi dalam kandungan maka kebutuhan cairan menjadi bertambah, karena bayi juga menggunakan cairan yang berasal dari tubuh ibunya. Minum cukup yaitu minimal 2 liter perhari dan makan makan buah untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Tangan dan kaki sepanjang otot betis sampai belakang lutut, sering kram akibat kelelahan dan menahan beban kehamilan yang semakin berat, kram dapat terjadi saat tidur maupun saat beristirahat. Kram umumnya muncul pada trimester ke dua kehamilan sampai melahirkan. Kram pada kaki dan tangan dapat diatasi dengan istirahat cukup dan pijat perlahan daerah yang kram tsb.

Seiring berjalannya waktu dan bertambah besarnya kehamilan maka akan menyebabkan kesulitan tidur telentang karena bayi akan menekan tulang belakang, sehingga menyebabkan sakit punggung dan pinggang. Posisi tidur yang disarankan adalah tidur dengan posisi miring ke kiri karena memperlancar pembuluh darah dan lebih nyaman buat ibu dan janin.

Mulailah menjalin hubungan emosi dengan bayi karena pada usia ini bayi sudah tanggap terhadap keadaan sekitar dan diluar kandungan, ajak bayi berbicara dan bangun kedekatan dengan bayi mulai sekarang.

Selamat menikmati saat – saat bahagia, semoga Ibu dan bayi tetap sehat sapai saatnya melahirkan nanti.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selama kehamilan, salah satu sumber nutrisi yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah susu untuk ibu hamil.

Manfaat dan Berbagai Jenis Susu Ibu Hamil

Asupan kalsium diperlukan selama kehamilan untuk memenuhi kebutuhan mineral bayi. Wanita yang melahirkan ketika berusia 19 tahun atau lebih tua, membutuhkan setidaknya 1.000 mg kalsium.