20 Jul 2021, 21:49Penyakit Lainnya

Apakah boleh berhenti minum obat amlodipin jika tekanan darah sudah normal ?

SU
Info Penanya: SU0
Dokter sya mau tanya,, Apakah seharusnya berhenti atau dilanjut minum amlodipin berhubung sya sudah tdk minum obat trsbut kira² 1 bln yg lalu, dan sya konsumsi obat tersebut sudah 3 bln, amlodipin 5 mg. Kadang² merasa pusing kepala sya dok,,,, pd saat berhenti (1 bln yg lalu) tekanan darah sya 105/.....berapa ya sya lupa pernya itu dok. Mohon penjelasannya dok,,,, trimakasih.
6068 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, S.Amlodipin adalah salah satu jenis obat yang dapat menurunkan tekanan darah. Pasien yang diberikan obat amlodipin diharapkan memiliki tekanan darah yang normal dan stabil. Tekanan darah terlalu tinggi akan menyebabkan beberapa penyakit seperti serangan jantung dan stroke.

Jika tekanan darah sudah normal, apakah obat amlodipin boleh distop ?

Anda yang pada awalnya rutin konsumsi obat amlodipin 5 mg, 1 bulan yang lalu berhenti minum obat amlodipin dimana tekanan darah 105/.... mmHg. Saat ini merasakan pusing. Apakah harus lanjut minum obat amlodipin 5 mg atau berhenti obat karena tekanan darah sudah normal ?Pasien tekanan darah tinggi sebaiknya melakukan perubahan pola hidup yang lebih sehat dengan olahraga rutin, mengurangi konsumsi garam, menjaga berat badan ideal, istirahat, melakukan medical check up dan tekanan darah di dokter spesialis penyakit dalam secara berkala.Jika Anda masih muda, dan terus menjaga pola hidup sehat, tidak terdapat penyakit lain berupa jantung koroner, riwayat stroke, diabetes, tidak merokok dan minum alkohol, tekanan darah selalu stabil tanpa obat, maka boleh berhentikan obat tekanan darah.Namun jika Anda berusia lanjut, memiliki berbagai penyakit lain, maka sebaiknya tetap melanjutkan obat dan mempertahankan hidup sehat. Tekanan darah normal bisa saja pengaruh dari obat yang Anda minum. Saat Anda berhenti konsumsi obat, maka tekanan darah dapat meningkat kembali dan memicu berbagai komplikasi penyakit.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.  
makanan sehathipertensipola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil