Amankah pemakaian tretinoin?

SF Info Penanya: SF, Pria, 1 Tahun
Hai dok, perkenalkan nama sy shinta. Disini sy ingin menanyakan penggunaan tretinoin. Jadi sekitar tahun 2013 sy pernah menggunakan tretinoin scr rutin utk pengobatan jerawat. Setelah itu sempet berhenti. 4 tahun berikutnya sy rawat kulit sy menggunakan produk dr dokter di klinik kecantikan. Dan skg saya hanya pakai produk skincare yg ada di pasaran sj. Pertanyaan sy apabila sy ingin menggunakan tretinoin kembali, brp % konsentray yg harus sy gunakan?0.025 atau 0.05?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SF,

Tretinoin adalah salah satu bahan yang digunakan untuk pengobatan jerawat yang sedang meradang. Namun obat ini termasuk dalam golongan obat keras sehingga memerlukan resep dan pemakaiannya harus dibawah pengawasan dokter.

Bila tretinoin ini dipakai secara sembarangan maka bisa menimbulkan iritasi kulit berupa kemerahan, wajah terasa panas, dan kulit mengelupas. Pada pemakaian awal bisa menimbulkan jerawat yang semakin parah dan kulit wajah membutuhkan waktu untuk beradaptasi hingga 8-12 minggu sampai menunjukkan hasil yang baik.

Selain menggunakan tretinoin, Anda bisa mengatasi jerawat dengan cara :

  • Gunakan benzoil peroksida. Bahan ini lebih aman untuk kulit, namun efeknya tidak secepat seperti pada tretinoin.
  • Hindari konsumsi gorengan dan makanan berlemak.
  • Perbanyak makan sayur dan buah.
  • Jerawat dikompres dengan es batu dan jangan dipencet-pencet.
  • Rajin cuci muka, dan hindari kebiasaan menyentuh wajah.
  • Gunakan masker wajah seperti lidah buaya agar kulit tetap lembab.

Sebaiknya Anda melakukan konsultasi ulang dengan dokter kulit untuk menghindari efek samping pemakaian tretinoin tersebut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memiliki jerawat di leher dapat mengganggu penampilan

Jerawat di Leher Mengganggu Penampilan, Ini Penyebabnya

Adanya jerawat di leher bisa membuat Anda merasa tidak nyaman, dan mengganggu penampilan. Ini dapat disebabkan oleh berbagai hal. Bagaimana mengatasinya?