Apakah tremor dapat disebabkan oleh sayatan senjata tajam?

OF Info Penanya: OF, Pria, 18 Tahun
Dok, jika telapak tangan kita terkena sayatan senjata tajam (pisau),apakah mungkin tangan akan mengalami tremor?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, OF.

Luka akibat sayatan senjata tajam (pisau), dalam bahasa medis disebut dengan vulnus incisivum atau vulnus scissum, adalah luka yang memiliki ciri tepi rata, sudut tajam, dan biasanya bulu-bulu halus di tubuh ikut terpotong. Luka ini termasuk ke dalam luka terbuka.

Sedangkan tremor adalah gerakan berulang yang terjadi di luar kendali otak, seperti gemetar. Penyebab tremor bervariasi, mulai dari kondisi ringan sampai yang cukup serius. Beberapa di antaranya adalah hipoglikemi (kadar gula darah rendah), gangguan tiroid, kecemasan berlebih, penyakit Parkinson, pasca konsumsi obat tertentu, dan lain sebagainya.

Terkait pertanyaan Anda, luka sayat biasanya menyebabkan tremor dengan mekanisme yang cukup kompleks (tidak secara langsung). Tepat setelah seseorang mengalami luka sayat, biasanya rasa terkejut, kaget, dan bingung ingin berbuat apa akan berkumpul menjadi satu. Perasaan tersebut memicu otak mengeluarkan senyawa kimia tertentu, yang akan bermanifestasi sebagai tremor.

Apabila luka sudah diobati, biasanya orang tersebut akan berangsur-angsur menenangkan diri dan tremor seharusnya berhenti. Oleh karenanya, apabila masih muncul tremor setelah beberapa hari penanganan luka, segera periksakan ke dokter spesialis saraf, karena dikhawatirkan ada hal selain luka sayat yang menjadi pemicu tremor.

Tetapi, apabila tremor memang berhenti, lakukan perawatan luka dengan baik agar cepat pulih, ya. Lakukan kontrol pada jadwal yang telah ditentukan untuk membuka jahitan pada kulit. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengobati luka lecet adalah dengan tidak mengabaikan penyebabnya begitu saja

Pertolongan Pertama Sebagai Cara Mengobati Luka Lecet

Cara mengobati luka lecet yang tepat dan aman adalah menghindari penyebab luka lecet, membersihkannya, dan mengoleskan salep antibiotik. Lantas, kapan luka lecet harus diperiksakan ke dokter?