20 Dec 2020, 19:53Jantung

Benturan pada jantung, apa yang harus dilakukan ?

RM
Info Penanya: RM0
apa keterlibatan jantung dalam trauma tumpul dada dan bagaimana cara penanganan nya terimakasih dokter
1031 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat pagi RM.Jantung merupakan organ utama yang sangat penting fungsinya bagi tubuh yaitu memompa darah keseluruh bagian tubuh. Bila terjadi gangguan pada jantung maka akan menghambat aliran-aliran darah ke seluruh tubuh dan aliran darah balik ke jantung itu sendiri.

Cedera Pada Jantung

Terdapat banyak hal-hal yang dapat mengganggu kerja jantung. Ada yang berasal dari penyakit dalam tubuh itu sendiri atau yang didapat dari luar tubuh contohnya infeksi atau trauma. Terdapat beberapa jenis penyebab cedera seperti benda tajam, tumpul, cairan asam, basa, dan panas.Pada trauma tumpul bisa terjadi karena dipukul atau benturan pada dada saat jatuh. Hal ini bisa berdampak pada jantung seperti mengganggu aliran listrik jantung, luka memar pada jantung, rusuk patah dan melukai jantung, perdarahan di pembungkus jantung, dsb.Trauma-trauma tersebut dapat menyebabkan gangguan pada jantung yang bisa ditandai dengan :
  • sesak
  • nyeri dada
  • timbul lebam bagian dada
  • bibir, ujung tangan dan kaki biru
  • tidak sadarkan diri
  • henti jantung
Jika memiliki keluhan setelah terkena trauma tumpul atau lainnya, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat. Ada beberapa keadaan merupakan keadaan emergensi atau gawat darurat sehingga harus segera mendapatkan penanganan medis secepat mungkin. Pada beberapa kondisi perlu penanganan dengan pembedahan oleh dokter spesialis bedah kardiovaskularNamun bila pertanyaan ini diperuntukkan untuk kegiatan ilmiah sebaiknya mencari informasi berdasarkan jurnal-jurnal penelitian.Semoga bermanfaat. Salam sehat.dr. Pany CL
sakit jantungtraumahenti jantung mendadakcacat jantung
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil