Trauma psikologis harus berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater ?

JN Info Penanya: JN
Kalau saya mengalami trauma yg mengakibatkan saya ga tenang dan buat saya membayangkan hal itu terus, itu saya harus konsultasi ke dokter jiwa atau psikolog ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, JN.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Trauma adalah keadaan yang dapat diakibatkan oleh peristiwa mengejutkan, menakutkan atau bahkan berbahaya. Setelah mengalami ke trauma, seseorang dapat melakukan perjuangan untuk melawan rasa cemas, rasa takut dan bahkan kesedihan higga mengalami kesulitan untuk tidur bahkan beraktivitas. Pada sebagian besar orang, kenangan buruk yang mengakibatkan trauma dapat memudah dengan sendirinya seirinng berjalannya waktu. Namun, pada beberapa orang kenangan ini dapat menetap dan mengakibatkan penyakit mental serius yang disebut dengan post-traumatic stress disorder (PTSD).

Penyebab pasti PTSD saat ini belum dapat diketahui hingga saat ini. Namun, layaknya penyakit mental lainnya, PTSD dapat disebabkan oleh kombinasi faktor seperti :
  • pengakaman traumatis
  • mekanismu pertahanan dan respon tubuh terhadap stress
  • ciri kepribadian tertentu (temperamen)
  • faktor risiko tambahan seperti riwayat gangguan mental pada keluarga, seperti gangguan kecemasan serta depresi

Terkait dengan pertanyaan Anda, keluhan yang Anda alami sebaiknya segara diperiksakan sebelum jatuh pada keadaan penyakit mental yang telah dibahas di atas, kepada ahli untuk dilakukan pemeriksaan lebih mendalam. Setelah dilakukan pemeriksaan, ahli dapat menentukan kemungkinan diagnosis yang Anda alami. Pada kasus yang yang belum terlalu berat, Anda mungkin hanya perlu dirawat oleh Psikolog, namun pada keadaan lebih lanjut, Anda mungkin memerlukan gabungan psikoterapi oleh Psikolog dan terapi medikamentosa oleh Psikiater.

Berikut saya lampirkan artikel terkait penyakit "post-traumatic stress disorder (PTSD)" sebagia informasi tambahan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh JN
13 Jan 2020, 10:20
Apakah semua psikolog dapat membantu permasalahan saya?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu perbedaan psikolog dan psikiater adalah dalam cara menangani pasien

Sudah Tahu Perbedaan Psikolog dan Psikiater?

Gangguan psikologis perlu untuk segera ditangani karena berdampak pada kehidupan sehari-hari penderitanya. Salah satu caranya adalah dengan mengunjungi psikolog atau psikiater. Namun, perbedaan psikolog dan psikiater tidak hanya sekedar dari wewenang pemberian resep obat saja.