10 Apr 2021, 23:12Psikologi

Trauma kapan hilangnya?

AF
Info Penanya: AF, Wanita, 17 Tahun
Dok,saya mau tanya dulu waktu kecil ayah sering membentak saya atau menggunakan nada tinggi ketika berbicara namun reaksi saya biasa saja. tapi 1thn ini kenapa saya sering kagetan/tetkejud ketika mendengar suara, terlebih lagi jika saya berhadapan dengan ayah saya. saya coba nahan biar gk kagetan tp sulit. Dan saya selalu memikirkan hal kecil atau kesalahan kecil trs terngiang-ngian di otak saya, apalagi jika itu ada sangkut pautnya dengan ayah.
107 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi AF,Trauma di masa kecil tentunya seringkali akan terbawa hingga dewasa dan tentunya akan mempengaruhi kehidupan, perilaku atau kepribadian Anda. Oleh karena itu diperlukan kebijaksanaan orang tua dalam mendidik atau mengasuh anak-anaknya. Semua didikan tentu perlu disesuaikan dengan karakter anak juga, tidak bisa semaunya karena setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda.Perihal kondisi Anda yang saat kecil mudah dibentak maka bisa saja menyebabkan Anda menjadi mudah kaget, menjadi penakut dan cemas memikirkan berbagai masalah karena takut bila Anda melakukan kesalahan maka Anda akan dibentak lagi. Tentunya untuk mengendalikan ketakutan tersebut bukan hal yang mudah. Karena tentunya selain mengandalkan kemampuan Anda beradaptasi tentunya ayah Anda juga berperan untuk mengubah cara bicaranya. Bila dengan bicara baik-baik bisa dilakukan kenapa harus dengan bentakan yang menimbulkan ketakutan. Karena anak yang hidup dalam ketakutan tentunya tidak baik untuk perkembangan mentalnya.

Yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi ketakutan Anda adalah:

  • Berbagi cerita dengan orang yang sekiranya ayah Anda segani sehingga ayah Anda bisa diberi nasehat untuk merubah gaya berbicaranya.
  • Cari kesibukan agar Anda tidak terlalu mencemaskan masa lalu Anda.
  • Lakukan olahraga secara teratur sehingga badan dan mental Anda lebih sehat.
  • Minum segelas air bila Anda kaget untuk membantu mengurangi rasa kaget Anda.
Lakukan konseling dengan psikolog untuk membantu Anda mengatasi rasa trauma Anda yang mendalam dan jangan putus asa karena semuanya memerlukan waktu.Salam sehat,dr. Vina
kesehatan mentalpost traumatic stress disorder (PTSD)gangguan kecemasan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil