Trace dalam uji lab urine protein ibu hamil

DH Info Penanya: DH
Hasil uji lab urine protein menunjukkan trace (+/-) berarti apa ya dok? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DH,

Proteinuria adalah adanya protein dalam urine, didapatkan dari hasil uji protein baik pemeriksaan kualitatif ataupun kuantitatif. Seringnya pengujian bisa dilakukan dengan pemeriksaan urine lengkap ataupun pengujian protein dalam urine menggunakan kertas khusus yang akan berubah warna sesuai kadar protein di dalam urine.

Penyebab proteinuria

Peningkatan kadar protein pada urine sendiri bisa terjadi karena beberapa penyebab seperti:

  • Tekanan darah tinggi
  • Aktivitas fisik berat
  • Masalah kehamilan seperti preeklampsia
  • Infeksi saluran kemih
  • Masalah ginjal
  • Efek obat tertentu dan lainnya

Jadi apabila saat hamil di dapatkan protein dalam urine, perlu diwaspadai terutama jika memiliki tekanan darah tinggi, kaki bengkak ataupun juga gejala lain seperti peningkatan berat badan yang drastis, sakit kepala, urine menjadi lebih sedikit, mual muntah hebat dan lainnya.

Jika hasilnya (+/-) bisa menandakan adanya protein dalam urine dengan jumlah yang sedikit. Jadi bisa dilakukan pemantauan lebih lanjut dan menghindari faktor risiko agar tidak menjadi preeklampsia.

Bisa dilakukan pencegahan dengan cara membatasi asupan garam, cukup beristirahat, minum air putih setidaknya 8 gelas sehari, hindari mengonsumsi makanan kemasan dan makanan yang digoreng, sempatkan olahraga, jika ada darah tinggi perlu mengonsumsi obat secara teratur dan kontrol kandungan secara berkala. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sisa tulang ikan di atas piring meja makan

6 Cara Mengatasi Tulang Ikan Yang Tersangkut di Tenggorokan

Cara menghilangkan duri di tenggorokan adalah dengan batuk yang kencang, minum air garam, menelan minyak zaitun, menelan marshmallow, makan buah pisang, menelan roti dan air.