17 Dec 2020, 10:37Kandungan

Bagaimana cara melihat toxoplasma?

YT
Info Penanya: YT0
Gimana liat toxoplas igg itu gimana
439 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam YT,Toksoplasmosis adalah infeksi parasit Toxoplasma gondii yang bisa menginfeksi manusia melalui kontak dengan hewan yang mengalami infeksi, kontak dengan kotoran hewan, melalui air yang terkontaminasi ataupun dari makanan yang tidak olah dengan higienis ataupun tidak dimasak sampai benar-benar matang.Infeksi parasit ini bisa menjadi infeksi yang berbahaya terutama jika menyerang wanita, selain bisa berpengaruh pada reproduksi, juga bisa menyebabkan masalah yang fatal pada janin dimana bisa mengakibatkan keguguran, kematian janin ataupun kecacatan pada bayi baru lahir.

Pemeriksaan TORCH

Untuk mengetahui apakah terinfeksi dengan parasit tokso tersebut perlu dilakukan pemeriksaan. Pemeriksaannya sendiri adalah dengan pengambilan sampel darah yang disebut dengan pemeriksaan TORCH. Pemeriksaan ini tidak hanya memeriksa infeksi tokso saja tapi juga beberapa pemeriksaan lain seperti:
  • Toksoplasmosis
  • Other infections seperti hepatitis, varisela, dan virus lainnya
  • Rubella
  • Cytomegalovirus
  • Herpes simpleks
  • Sifilis
Untuk toksoplasmosis sendiri akan memberikan hasil IgG dan IgM, dimana IgG adalah antibodi yang merupakan memori yang bisa reaktif atau positif jiak pernah terinfeksi sebelumnya ataupun jika sudah dilakukan vaksinasi. Jadi jika dilakukan pemeriksaan didapatkan hasil IgG positif tetapi IgM negatif tidak perlu dikhawatirkan. Sedangkan jika IgM positif maka bisa menunjukkan sedang terjadi infeksi akut yang perlu penanganan. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P. 
toksoplasmosisinfeksiparasit
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil