Bagaimana mengartikan hasil laboratorium toxoplasma?

AC Info Penanya: AC
berdasarkan hasil cek darah, toxoplasma IgG reaktif di angka 500, sementara toxoplasma IgM non-reaktif.apa artinya? apa perlu di-treatment?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AC, 

Terima kasih untuk pertanyaannya.

Perlu saya jelaskan dulu mengenai IgG dan IgM. IgM adalah antibodi yang muncul saat ada infeksi akut atau baru-baru saja, muncul pada minggu pertama sejak terkena infeksi. IgG adalah antibodi yang terbentuk sebagai bukti adanya kekebalan tubuh terhadap toksoplasma yang ada mulai dari 4 minggu sejak pertama kali terinfeksi.

Interpretasi umum mengenai hasil IgG dan IgM toksoplasma: (reaktif=positif; non-reaktif=negatif) 

  • IgM (-), IgG (+): pernah mengalami infeksi di waktu yang lampau, sekarang tidak infeksi 
  • IgM (-), IgG (-): tidak pernah mengalami infeksi
  • IgM (+), IgG (-): saat ini sedang terinfeksi
  • IgM (+), IgG (+): saat ini pernah terinfeksi atau pernah mengalami infeksi di waktu yang lampau atau reaktivasi infeksi atau IgM masih positif setelah beberapa bulan sembuh.

Dari hasil yang Anda berikan, kondisi Anda dijelaskan pada poin pertama. Artinya dulu Anda pernah terinfeksi toksoplasma, walaupun mungkin Anda tidak merasakan gejala apapun, dan sudah terbentuk kekebalan tubuh terhadap toksoplasma tersebut. 

Pengobatan perlu diberikan jika ada gejala-gejala infeksi toksoplasma, seperti demam, sakit kepala, pembengkakan kelenjar getah bening, atau nyeri badan. 

Semoga jawaban yang saya berikan dapat membantu. Salam sehat.

 

dr. Anandika 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tokso adalah salah satu infeksi yang dapat terjadi pada ibu hamil

Bahaya Infeksi Tokso yang Mengintai Ibu Hamil

Tokso adalah salah satu infeksi yang dapat terjadi pada ibu hamil. Infeksi ini disebabkan oleh parasit yang ditularkan dari ibu hamil ke janinnya. Jika dibiarkan, kondisi akan sangat berbahaya bagi ibu dan janinnya.