03 Jul 2020, 00:16Penyakit Lainnya

Bagaoimana Dampak Tower BTS bagi kesehatan?

SU
Info Penanya: SU, Pria, 21 Tahun
Assalamualaikum.. Dok, belakang rumah saya akan dibangun tower BTS (sinyal) ukuran tanah 1px10 meter dan ketinggian 25 meter, apakah tower BTS ini akan berpengaruh pada kondisi kesehatan kami? Mohon pencerahannya. . ?
66199 Views
8 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang SU,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Bangunan Menara Telekomunikasi (BTS tower), sebenarnya pendiriannya sudah diatur dengan sangat spesifik dalam Peraturan Pemerintah (mengikuti tatalaksana WHO), dimana area menara BTS (Base Transceiver Station) memiliki jarak dari pemukiman atau bangunan tempat aktivitas manusia.Menara BTS merupakan struktur telekomunikasi yang menyediakan komunikasi nirkabel antara alat komunikasi (telepon,modem, telepon selular) dan jaringan operator dan memancarkan sinyal elektromagnetik/radio frekuensi rendah.

Syarat-syarat pendirian menara BTS :

  • Pembangun menara BTS wajib mengurus IMB (Izin Mendirikan Bangunan).
  • Tinggi menara yang berukuran kurang dari 45 meter misalnya memiliki standar jarak aman menara BTS dengan pemukiman minimal 20 meter dan berjarak sepuluh meter dari area komersial dan 5 meter dari daerah industri.
  • Bangunan menara BTS memenuhi level batas radiasi yang ditetapkan oleh WHO, yaitu 4,5 watt/meter persegi untuk perangkat/menara yang menggunakan frekuensi 900 Mhz dan 9 watt/meter persegi untuk menara/perangkat yang menggunakan frekuensi 1.800 Mhz.
Jika pembangunan menara BTS di bangun sesuai dengan standart WHO seharusnya tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
tips kesehatanmenjaga kesehatankatarak radiasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil