Bagaoimana Dampak Tower BTS bagi kesehatan?

SU Info Penanya: SU, Pria, 21 Tahun
Assalamualaikum.. Dok, belakang rumah saya akan dibangun tower BTS (sinyal) ukuran tanah 1px10 meter dan ketinggian 25 meter, apakah tower BTS ini akan berpengaruh pada kondisi kesehatan kami? Mohon pencerahannya. . ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SU,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Bangunan Menara Telekomunikasi (BTS tower), sebenarnya pendiriannya sudah diatur dengan sangat spesifik dalam Peraturan Pemerintah (mengikuti tatalaksana WHO), dimana area menara BTS (Base Transceiver Station) memiliki jarak dari pemukiman atau bangunan tempat aktivitas manusia.

Menara BTS merupakan struktur telekomunikasi yang menyediakan komunikasi nirkabel antara alat komunikasi (telepon,modem, telepon selular) dan jaringan operator dan memancarkan sinyal elektromagnetik/radio frekuensi rendah.

Syarat-syarat pendirian menara BTS :

  • Pembangun menara BTS wajib mengurus IMB (Izin Mendirikan Bangunan).
  • Tinggi menara yang berukuran kurang dari 45 meter misalnya memiliki standar jarak aman menara BTS dengan pemukiman minimal 20 meter dan berjarak sepuluh meter dari area komersial dan 5 meter dari daerah industri.
  • Bangunan menara BTS memenuhi level batas radiasi yang ditetapkan oleh WHO, yaitu 4,5 watt/meter persegi untuk perangkat/menara yang menggunakan frekuensi 900 Mhz dan 9 watt/meter persegi untuk menara/perangkat yang menggunakan frekuensi 1.800 Mhz.

Jika pembangunan menara BTS di bangun sesuai dengan standart WHO seharusnya tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh RA
03 Jul 2020, 20:43
Mohon maaf dok.. jarak rumah sy dengan rencana menara (bts 1 tiang) itu sekitar 7 meter saja .. bagaimana ya dok? Apakah masih berpengaruh terhadap kesehatan? Informasi dari internet masih simpangsiur dok. Ada yg tajam dan ada yg tumpul dalam menanggapi msalah ini. Mohon Pencerahannya ya dok ...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
04 Jul 2020, 20:24
Selamat malam SU,
Berdasarkan keterangan diatas jarak tiang BTS dan pemukiman disarankan oleh WHO sebaiknya berjarak minimal 20 meter, jika berada dalam radius kurang dari itu dikhawatirkan akan memiliki dampak negatif untuk kesehatan dalam jangka panjang.
Salam sehat.
Dibalas oleh DH
07 Sep 2020, 03:39
Yg saya rasakan sejak berada di dekat BTS,kepala jadi sakit dan telinga berdenging.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
07 Sep 2020, 11:15
Selamat siang DH,
Apakah tiang tersebut berada di tempat yang sesuai dengan petunjuk WHO? Apabila iya, maka kemungkinan ada penyebab lain seperti vertigo. Tetapi apabila tidak dan tiang terletak lebih dekat, maka bisa saja itu efek dari tiang tersebut, ya. Terima kasih.
Dibalas oleh DH
08 Sep 2020, 03:25
Tiang BTS 1 meter dari kamar saya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
08 Sep 2020, 15:43
Selamat siang DH,
Saat ini muncul keluhan atau tidak? Sebaiknya Anda mencari tempat tinggal yang letaknya tidak sedekat itu dengan BTS, karena seharusnya pembangunan BTS sudah mengikuti prosedur yang berlaku.
Salam sehat,
dr. Vina
Dibalas oleh DH
10 Sep 2020, 07:37
Kepala saya jadi sakit,dan saat ini lagi proses komplain agar BTS di hentikan operasional nya dan di cek kelayakan operasional nya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
10 Sep 2020, 23:33
Selamat malam DH,
Untuk keluhan sakit kepalanya, jika terus menerus timbul dan mengganggu sebaiknya bisa diperiksakan ya. Karena ada beragam penyebab sakit kepala lain yang juga bisa jadi faktor pemicunya. Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Probiotik adalah bakteri baik yang memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan

7 Manfaat Probiotik yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Probiotik memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya melancarkan pencernaan, probiotik juga dapat meringankan stres dan kecemasan.