Bagaimana penanganan torch pada kehamilan?

AA Info Penanya: AA, Wanita, 30 Tahun
Saya sedang hamil 4minggu, dan hasil cek Lab. Torch saya IGG toxo,rubella, cmv & hsv 1 positip. Yg mau saya tanyakan, Apakah ada pengaruh untuk janin dalam perut saya dok? & apa saya harus minum obat agar virus itu tidak bangun lg?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore AA,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

TORCH merupakan singkatan dari Toksoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes Simpleks. Keempat penyakit tersebut merupakan infeksi yang bisa menular dari ibu hamil terhadap janin yang dikandungnya.

Risiko TORCH terjadi pada wanita yang mengalami beberapa kondisi di bawah ini :

  • Perempuan yang suka mengkonsumsi sayuran tanpa dimasak terlebih dahulu (lalapan atau salad)
  • Perempuan yang memelihara kucing atau anjing tanpa menjaga kebersihan peliharaannya
  • Perempuan yang suka makan daging tanpa dimasak matang (sushi)

Tujuan dari pemeriksaan TORCH adalah penyakit tersebut dapat menular kepada janin karena torch bisa menembus plasenta dalam tubuh ibu. Jika bayi terlanjur terkena infeksi, beberapa masalah serius yang dapat muncul di antaranya Gangguan otak, keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan, gangguan sistem saraf, cacat lahir, tuli, katarak, jantung, penyakit kuning hingga kejang.

Jika Anda melakukan pemeriksaan TORCH dan Anda positif sebaiknya segera konsultasikan lebih lanjut ke dokter kandungan Anda, karena kemungkinan dokter akan melakukan pemberian antibiotik untuk pengobatannya.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kalau mengidam makanan manis, jangan langsung yakin bahwa Anda sedang hamil bayi perempuan.

Ciri-ciri Hamil Anak Perempuan yang Sebenarnya Mitos Belaka

Apakah mungkin ibu hamil bisa memprediksi jenis kelamin anaknya melalui gejala yang dirasakan? Namun, apakah prediksi tersebut akurat? Atau hanya mitos? Berikut ini ciri-ciri hamil bayi perempuan yang sebenarnya mitos belaka.